Tem@n Anak, Upaya Pencegahan Eksploitasi Seksual Terhadap Anak di Ranah Digital!

436
Tem@n Anak, Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual terhadap Anak di ranah digital.

Dalam kegiatan pelatihan pencegahan eksploitasi seksual anak online untuk organisasi perlindungan anak dan komunitas yang diselenggarakan oleh ECPAT Indonesia, Google Indonesia dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Selasa (10/7/2018), mengadakan pelatihan tem@n anak (Internet Aman untuk Anak) untuk meminimalisasi dari dampak konten digital yang negative. Dari data dan fakta yang ada, tidak ada lagi daerah yang bebas dari isu kejahatan anak.

Dalam pelatihan tem@n anak tersebut, diikuti oleh peserta Fasilitator PATBM, Perwakilan Dinas, Guru, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang diberikan pemaparan mengenai pornografi, serta mengulik manfaat internet yang positif bagi anak, peraturan perundang-undangan terkait Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan pendekatan masyarakan apa saja dampak positif internet yang aman bagi anak.

Di jaman yang serba teknologi ini mengundang ke khawatiran orang tua pada buah hatinya yang sudah akrab dengan gadget atau smartphone yang didukung oleh layanan internet, otomatis anak tersebut dapat terjun bebas menjelajahi sesuatu hal lewat smartphone tersebut.

Bahkan survey membuktikan yang dilakukan oleh Kementerian dan Informatika pada tahun 2017, sebesar 65,34% anak dengan usia 9 sampai 19 tahun telah memiliki smartphone yang difasilitasi oleh orangtuanya. Kondisi ini dapat semakin memperarah keadaan karena akan membuka peluang bagi anak-anak untuk terpapar fotografi dan bertemu dengan orang-orang jahat di dunia maya.

Perlu kita ketahui. Faktanya, hasil survey yang dilakukan oleh PPPA yang bekerja sama dengan Katapedia, terdapat konten fotografi sebanyak 63.066 melalui Google, dan news online lainnya. Sementara, data dari unit Cybercrime Bareskim POLRI pada 2017 ada 435.944 ip address yang mengupload dan menguduh konten fotografi anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here