Bencana Alam Intai Warga Pamijahan

211
Sumber gambar : http://www.radarbogor.id/wp-content/uploads

Longsor akibat hujan deras menimpa Kampung Babakan RT 01 Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Selasa (16/10) pagi, pukul 03:00 WIB. Tak ada korban jiwa pada kejadian itu, namun longsor tebingan tanah itu erusak rumah warga.

“Kejadian itu disebabkan curah hujan yang deras yang melanda wilayah tersebut sehingga mengakibatkan terjadi longsor,” Kata Kasie Kedaruratan Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Bogor, Firdaus kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Firdaus menjelaskan, kejadian longsor tersebut menimpa rumah salah seorang ketua RW setempat yang bernama Boih (56), sawah dibelakang rumahnya dan kandang ayam, “Luas sawah yang tertimpa longsor sekitar  1000 M2 dan rumah seluas12x8 M2. Jumlah angkgota keluarga 5 orang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kondisi rumah yang tertimpa longsor rusak berat. Penghuni rumah sudah mengungsi ke rumah  saudara terdekat,” bebernya.

Ditanya soal daerah mana saja yang daerahnya rawan longsor, dia mengatakan masih melakukan asismen. Dia pun mengimbau kepada warga Kabupaten Bogor yang berada di pegunungan untuk selalu waspada ketika turun hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. “Kami belum bisa menyebutkan daerah mana saja yang rawan longsor. Saya harap dengan musim penghujan yang saat ini datang dengan cuaca ekstrim diimbau agar warga selalu waspada,” pungkasnya.

Sementara Sekcam Pamijahan, Dedi menyebutkan, sebelum longsor pada minggu juga telah terjadi angin puting belung di Desa Cimayang dan beruntung tidak ada korban jiwa. “Seperti Desa Cibunian, Gumungsari, dan desa lainnya ketika turun hujan deras untuk mengungsi ke tempat yang dikiranya aman,” kata Dedi.

Dia pun meminta kepada kepala Desa atas kejadian longsor di Cibunian untuk mendata kerusakannya. “Kepala desa mendata berapa jumlah rumah warga yang terkena longsor. Untuk kerugian material belum dapat dipastikan,” pungkasnya.

Menurut salah seorangwarga pada Minggu (14/10), juga di Desa, Pasarean, Kecamatan Pamijahan yang mengkhawatirkan. (CR-JB 4)

Sumber : Koran Jurnal Bogor, Edisi 17 Oktober 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here