Tips Menjaga Keamanan Jaringan Komputer

39
Sumber gambar : http://transcosmos.co.uk/blog/guide-to-setting-up-business-computer-network/

Sifat dari jaringan itu sendiri adalah melakukan komunikasi, yang bisa jadi jatuh ke tangan orang lain dan disalahgunakan. Maka dari itu sistem keamanan membantu mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatkan antisipasi ketika jaringan berhasil ditembus.

Untuk mencegah/mengantisipasi serangan

dari pihak luar ataupun pihak dalam. Bisa dilakukan dengan cara ini :

Gunakan Anti Virus

Tentu saja ini adalah hal yang pentin bahwa antivirus akan mencegah berbagai macam virus komputer, kamu bisa menggunakan antivirus yang sesuai dengan spesifikasi pada jaringan komputer. Jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirus, gunanya untuk mendeteksi virus-virus baru.

Hati-hati saat browsing

Harus kamu ketahui bahwa kebanyakan pathogen internet menyebar dari situs porno maupun mp3 ilegal, program bajakan dsb. Kalau kamu tidak mau terkena pathogen, kamu jangan mengunjungi situs tsb. Ini cara terbaik dalam mencegah pathogen komputer.

Update Komputer

Jangan lupa juga untuk selalu update apapun demi keamanan komputer kamu, bukan hanya antivirus saja yang kamu update. Sekalian semuanya saja, baik itu operating systemnya, software yang terinstall maupun driver.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here