Aktivitas yang Dapat Dilakukan Untuk Go Green Dalam Bidang IT

67
Sumber gambar : http://www.addspacetoyourlife.com

Tahukah kamu kalau aktivitas manusia yang paling banyak mempengaruhi lingkungan ataupun kerusakan lingkungan tersebut merupakan fenomena nyata. Lebih-lebih di era globalisasi ini dimana informasi sangat penting dan menjamurnya dunia internet dikalangan pelajar, pebisnis maupun masyarakat pada umumnya. Kita tahu banyak permasalahan yang terjadi perubahan iklim dan kerusakan lingkungan.

Oleh karena itu Green Computing digunakan untuk memaksimalkan efisiensi energi dan meningkatkan daur ulang produk dan limbah pabrik dalam penerapannya pada kehidupan sehari hari.

Nah, disini ada beberapa kegiatan atau aktivitas yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari hari dalam Go Green di bidang IT. Bisa kamu lakukan sebagai berikut.

E-Waste

e-waste merupakan pembuangan sampah elektronik yang sudah tidak terpakai, maka ada beberapa cara dalam pembuangan sampah elektronik agar nantinya tidak dapat menghasilkan limbah yang dapat merusak lingkungan.

Disini ada beberapa cara dalam pembuangan limbah elektronik, diantaranya penghancuran alat-alat elektronik komputer sampai menjadi partikel-partikel kecil Penghancuran Hardware tidak dengan dibakar, karena asap hasil pembakaran akan mengakibatkan polusi udara dan dapat menipiskan lapisan Ozon Didalam perangkat-perangkat Hardware pada komputer terdapat zat-zat kimia yang jika dibakar akan menimbulkan polusi udara, dan tentu saja dapat mengganggu pernafasan manusia.

E-recycle

Merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mendaur ulang alat alat elektronik komputer yang sudah tidak terpakai, sehingga dengan adanya daur ulang seperti ini akan menghemat pembelian hardware-hardware yang baru. Dan tentu saja dengan adanya hardware yang rusak, nantinya kita akan bisa mengambil bagian-bagian dari hardware tersebut yang masih dapat digunakan, untuk di pasang pada hardware lain yang membutuhkan, untuk mengurangi biaya pembelian hardware.

Virtualization

Virtualization merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server,sistem operasi,aplikasi, atau peralatan penyimpanan) dengan tujuan untuk menghemat pemakaian energi serta sumber daya komputer.

Setelah ada pemahaman seperti ini, kamu bisa mulai menerapkan nih, gaes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here