Mudah Stres saat Bekerja? Ini Cara Untuk Mengatasinya

57
Sumber gambar : https://img.okezone.com

Menurut data dari American Psychological Association (APA), generasi milenial adalah generasi yang paling mudah dan rentan akan stres, betul? Generasi milenial kini juga menjadi generasi yang paling mendominasi angkatan kerja dan tercatat sebagai usia produktif paling banyak untuk bekerja.

Ada banyak penyebab stres yang secara disadari atau tidak, dapat memengaruhi cara kamu menjalani aktivitas sehari-hari. Terutama jika kamu sudah bekerja, rasa stres yang muncul dapat mengganggu produktivitasmu.

Untuk itu, berikut Tips atau cara untuk mengatur rasa stres yang muncul saat bekerja.

Atur Nafas

Kalau kamu merasa kewalahan dengan pekerjaan nih, cobalah untuk rehat sejenak dan praktikkan teknik bernapas yang baik untuk menjernihkan pikiran. Jangan dipaksakan untuk bekerjan, gak baik gaes.

Dikutip dari Forbes, Sharon Melnick, Ph.D., seorang psikolog bisnis dan penulis ‘Success Under Stress, menerapkan teknik pernapasan dapat menghalau stres dan menyeimbangkan perasaanmu.

Hirup udara selama lima detik, tahan, kemudian dan hembuskan melalui hidung. 

“Jika kamu melakukan teknik ini dengan baik, kamu akan mendapatkan ketenangan dan fokus seperti mengikuti kelas yoga 90 menit. Padahal kamu hanya cukup menerapkan teknik pernapasan tersebut dalam tiga menit,” kata Melnick. Tuh, coba kamu terapkan!

Lupakan Multitasking

Multitasking pernah digembar-gemborkan sebagai cara fantastis untuk memaksimalkan waktu dan menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang singkat. Namun ternyata, bekerja multitasking membuat seseorang lebih mudah letih dan sulit untuk fokus.

Efeknya, pekerjaanmu jadi enggak selesai dengan baik. Maka, cobalah untuk fokus mengerjakan satu persatu hal agar beban stresmu berkurang.

Makan Siang di Luar

Setelah duduk berjam-jam dan berada di depan layar laptop, saat makan siang bisa kamu manfaatkan dengan pergi ke luar mencari makan siang. 

Jika kamu mau, kamu bisa mencoba ke beberapa tempat yang berbeda dari warung makan langgananmu. Selain mencoba berbagai menu santapan yang beda, kamu juga dapat suasana baru agar enggak bosan. 

Hal sederhana ini cukup ampuh lho memperbaiki suasana hatimu. Coba, deh!

Jangan Menunda Pekerjaan

Biasanya, seseorang menunda pekerjaannya karena tiga hal. Pertama, enggak tahu bagaimana melakukan tugas itu, kedua, karena enggak suka melakukan tugas itu, dan ketiga karena merasa ragu-ragu menyelesaikannya. Hayo ngaku!?

Jika kamu terlalu banyak menunda pekerjaan, bukan enggak mungkin, beban pikiranmu juga akan bertambah di kemudia hari, gaes.

Cobalah untuk membuat daftar tugas sekecil apapun yang bisa kamu kerjakan terlebih dulu. Jadi, setiap harinya ada tugas yang diprioritaskan untuk selesai.

Dengarkan Musik

Mendengarkan musik adalah cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres saat bekerja. Enggak ada salahnya sesekali mengisolasi diri dengan mencari spot paling aman dan memasang headphone untuk mendengarkan musik. Selain mampu membuatmu tetap fokus, musik juga bisa menumbuhkan kembali semangatmu.

Nah, itu dia gaes yang bisa di share. Semoga bermanfaat ya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here