Pilot Tidur Saat Penerbangan, Apakah Boleh?

187

Pesawat merupakan moda transportasi yang paling ketat regulasinya. Karena setiap penerbangan memiliki resiko yang sangat berbahaya jika regulasi tidak dijalankan dengan benar.

Meski demikian pesawat merupakan moda transportasi yang paling aman di dunia untuk saat ini.

Pesawat akan bisa terbang berkat orang yang dinamai pilot, pilot bertugas untuk memastikan dan menjamin bahwa pesawat dapat berpindah dari titik A ke titik B dengan aman dan selamat.

Sebenarnya pilot tidak mengendarai pesawat seutuhnya, karena pada pesawat sendiri terdapat teknologi yang dinamakan autopilot. Namun pertanyaannya bisa kah Pilot tidur dipesawat saat dalam penerbangan?

Pada penerbangan jarak jauh dapat dipastikan Pilot akan mengalamai rasa lelah dan kantuk di kokpit, hal ini merupakan sesuatu yang wajar-wajar saja. Karena kita pun jika mengendarai mobil pada jalan lurus yang cukup lama akan mengalami hal tersebut.

Sejatinya jika pesawat sudah mencapai di ketinggian yang aman atau diatas 10 ribu kaki dan pesawat sudah dalam posisi tidak climbing/menanjak Pilot bisa saja meninggalkannya untuk tidur sejenak.

Dengan catatan di kokpit tetap ada yang berjaga-jaga, misalnya co-Pilot untuk mengantisipasi jika hal diluar kendali terjadi.

Menurut survey kecelakaan pesawat sering terjadi pada ketinggian dibawah 10 ribu kaki, sampai mendarat, sampai tempat parkir pesawat. Maka dari itu , di bawah 10 ribu kaki adalah area krusial bagi penerbangan karena pada ketinggian tersebut banyak traffic pesawat lainnya baik yang baru take off atau akan landing.

Dan juga menurut survey, jika posisi pesawat sudah mencapai ketinggian yang diinginkan satu pilot saja sebenarnya sudah cukup untuk mengendalikan pesawat tersebut. Nah pada kondisi ini juga Pilot dapat bergantian di perkenankan untuk istirahat/tidur dengan catatan, Auto pilot harus dalam keadaan menyala, cuaca dalam keadaan yang sangat baik, serta tidak ada kendala teknis pada pesawat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here