Tech-Neck, Bahaya Serius yang Mengintai Kamu Para Pengguna Sosial Media

119
Sumber gambar : http://2golocalhealth.com

Jangan menyepelekan sakit di leher mu, gaes.

Kamu sadari atau gak, teknologi komunikasi memang telah mengubah cara hidup manusia saat ini. Dengan adanya smartphone sebagai alat komunikasi, waktu dipersingkat, jarak dipersempit dan tak ada lagi batas ruang serta waktu yang diperlukan untuk mendapatkan berbagai informasi.

Sayangnya, keberadaan smartphone ini justru menjadi candu bagi kita, betul gak? Selain bikin manusia jadi menghabiskan waktu berjam-jam melihat smartphone, ternyata juga berdampak bagi kesehatan yang cukup serius. Salah satu yang umum dialami karena penggunaan smartphone adalah tech-neck.

Lalu apa itu Tech-Neck?

Kamu pasti sering melihat atau justru kamu yang mengalaminya sendiri. Leher menunduk, bahu dan punggung seolah melengkung, mata menatap smartphone dengan jarak dekat dengan jempol yang asyik menekan-nekan layar smartphone.

Posisi ini benar-benar gak nyaman, tapi tanpa disadari kita sekarang sering melakukannya. Yah, posisi inilah yang mengakibatkan kita mengalami rasa sakit pada bagian leher, khususnya leher belakang atau kerap disebut tech-neck.

Apa sih penyebabnya?

Leher kita secara alami, diatur sedemikian rupa oleh Sang Pencipta untuk dapat menopang kepala seberat kurang lebih 5 kg. Ketika kamu mulai menunduk untuk melihat smartphone, leher membungkuk ke arah depan semakin banyak dan ini akan meningkatkan berat pada leher.

Kalau kamu melihat lurus ke bawah sehingga dagu semakin mendekat dengan leher, maka akan meningkatkan beban setara hingga 30 kg. Itu artinya, otot-otot dan ligamen di leher yang dirancang hanya untuk mendukung beban 5 kg, harus bekerja keras untuk menahan beban setara 30 kg setiap harinya.

Gimana ya cara mencegahnya?

Supaya gak terjadi tech-neck, ada gerakan-gerakan stretching ringan yang bisa kamu lakukan, nih gaes. Kamu bisa ikutin langkah – langkah ini yaa…

  • Pertama, menoleh ke kanan dan ke kiri, masing-masing sisi ditahan selama 5 detik. Ulangi gerakan ini 10 kali.
  • Kedua, miringkan kepala ke kanan dan kiri hingga telinga mendekat ke bahu. Tahan selama 20 detik. Ulangi gerakan ini 3-5 kali tiap sisi.
  • Ketiga, putar dagu ke arah bahu kanan dan kiri, tahan 20 detik. Gunakan tangan untuk membantu mendorong kepala. Ulangi 3-5 kali di tiap sisi.

Yang terpenting sih kamu jangan terpaku pada smartphone. Sesekali bolehlah menjauhkan diri sejenak dari smartphone, memang tidak mudah, tapi kamu harus membiasakan, gaes. Selain agar kamu gak terserang tech-neck, beri kesempatan pada dirimu untuk memperhatikan sekitarmu selain memusatkan perhatian pada smartphone, dan berikan waktu istirahat sejenak untuk pikiranmu. okay?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here