Apa Saja Layanan Fintech yang Digunakan Di Indonesia?

72
sumber gambar: https://thumbor.forbes.com/

Semakin menjamurnya bisnis rintisan (startup) dalam bidang jasa keuangan berbasis teknology atau fintech di Indonesia, makin banyak pula masyarakat di Indonesia yang menggunakan jasanya. Meski selama ini sebagian besar masyarakat Indonesia hanya cenderung menggunakan layanan pinjaman online yang disediakan fintech, ternyata fintech di Indonesia dibagi menjadi 4 macam. Apa aja sih itu?

Payment, clearing dan settlement

Fintech jenis ini memberikan layanan sistem pembayaran yang masih dalam ranah Bank Indonesia, seperti e-wallet atau payment gateway. Fintech jenis ini bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses pembayaran atau transaksi via online. Dengan begini, masyarakat dimudahkan dalam melakukan pembayaran melalui satu portal saja.

Market Aggregator

Fintech model market aggregator merupakan portal yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mengolah data produk-produk keuangan yang tersedia. Data ini kemudian disuguhkan kepada pengguna fintech  untuk perbandingan produk keuangan sehingga berfungsi untuk pengambilan keputusan.

Fintech jenis market aggregator membandingkan berbagai aspek seperti harga, fitur, dan manfaat masing-masing produk keuangan. Contohnya ketika ingin mengajukan pinjaman online dari fintech di Indonesia. Fintech market aggregator akan menampilkan seluruh fintech di Indonesia yang menyediakan layanan pinjaman online dan membandingkan seluruh aspek seperti yang sudah disebutkan diatas.

Manajemen risiko dan investasi

Fintech jenis ini memberikan layanan untuk menilai kondisi finansial penggunanya serta melakukan perencanaan keuangan hanya melalui smartphone. Fintech ini mirip dengan robo advisor atau perangkat lunak yang berfungsi seperti penasehat keuangan dalam platform e-trading maupun e-insurance.

Crowdfunding & Peer to Peer (P2P) Lending

Fintech jenis ini nampaknya yang paling populer di kalangan masyarakat. Crowdfunding sendiri adalah fintech yang menyediakan layanan pendanaan massal untuk beberapa proyek.

Sedangkan Peer to Peer (P2P) Lending merupakan layanan fintech di Indonesia yang mempertemukan peminjam dan pemberi dana. Fintech ini yang biasa dikenal sebagai fintech penyedia jasa investasi modal kecil dengan jangka pendek, atau yang sering disebut dengan Pendanaan.

Source: https://www.kreditpintar.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here