Fintech Dijadikan Sebagai Alat Pembayaran

70
sumber gambar : https://www.jaringanprima.co.id

E-money atau Electronic Money adalah teknologi finansial yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan uang dengan nominal tertentu pada suatu perangkat (umumnya kartu, namun tidak terbatas hanya pada kartu) yang memiliki teknologi NFC.

Dalam penggunaannya, perangkat e-money hanya merupakan alat pencatatan (book-keeping device), pemiliknya perlu mengisi perangkat tersebut (top-up) sebelum menggunakannya.

Setiap penggunaan akan langsung memotong saldo yang tercatat di perangkat tersebut, tidak diperlukan PIN untuk melakukan transaksi, sehingga e-money sebaiknya benar-benar diperlakukan seperti uang tunai karena bila jatuh ke tangan orang lain, bisa langsung digunakan (dibelanjakan).

Selain e-money, ada juga teknologi finansial seperti e-cash dan e-payment yang memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran-pembayaran tertentu tanpa menggunakan rekening utama.

Konsepnya hampir sama dengan e-money (top-up saldo terlebih dahulu) namun tidak menggunakan teknologi fisik (seperti NFC) tetapi menggunakan verifikasi virtual seperti QR Code, barcode atau PIN SMS.

Pengguna biasanya menggunakan e-cash untuk pembayaran yang rutin dilakukan sehari-hari seperti membayar parkir atau isi pulsa.

Source: https://evanstinger.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here