Kenali Tanda Usus Bermasalah

50
sumber gambar : https://i1.wp.com/www.obrolanvatika.com

Kebanyakan orang tak menyadari sebagian besar sistem kekebalan terletak di usus. Kondisi Kesehatan usu mempengaruhi mulai dari kesehatan kulit sampai suasana hati. Dikutip dari laman Harpers Bazaar, berikut ini 5 tanda usus anda bermasalah menurut terapis gizi Claire Barnes.

Pertama sering flu. Sistem kekebalan dalam usus adalah garis pertahanan pertama melawan virus berbahaya yang dapat masuk ke dalam aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh, mengonsumsi sayuran berwarna yang bervariasi dan protein sehat seperti ikan, daging dan kacang polong serta minum banyak air.

Selain itu, mengonsumsi minuman dan makanan fermentasi setiap hari seperti yogurt dan kimchi dapat membantu menjaga flora usus agar seimbang dan meningkatkan fungsi pencernaan dan kekebalan.

Kedua kebiasaan tidur yang buruk.

Menjaga rutinitas teratur setiap hari bermanfaat untuk ritme sirkadian alami. Bagian dari rutinitas ini termasuk makan dengan jadwal teratur sepanjang hari dan menghindari makan ketika sudah larut malam.

Makan makanan yang kaya protein, terutama yang mengandung asam amino triptofan dapat membantu meningkatkan melatonim di otak. Melatonim adalah hormon relaksasi yang diperlukan untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Ini diproduksi di dalam tubuh dalam jumlah yang smekain meningkat selama malam hari.

Ketiga suaana hari yang buruk. Ada hubungan yang kuat anatara depresi dan sistem pencernaan kita. Seringkali ketika merasa sedih, kita kehilangan nafsu makan atau menginginkan makan yang dapat menyenangkan hati seperti makanan manis atau makanan cepat saji.

Diet yang buruk dapat menyebabkan flora usus beruah dan dapat mempengaruhi suasana hati kita. Aktivitas tertentu daribakteri akan menghasilkan racun yang dapat menyumbat usus dan darah di otak sehingga mempengaruhi kesehatan. Sedangkan, bakteri menguntungkan dapat menghasilkan serotonim dalam usus, yang sering disebut sebagai neurotransmiter bahagia.

Keempat eksim. Pertumbuhan bakteri jahat berlebih di usus menyebabkan peradangan dan kerusakan lapisan usus. Pembatas usus berperan sebagai garis pertahanan pertama penghalang racun, partikel makanan yang tidak tercerna, dan patogen yang masuk ke dalam aliran darah.

Jika ada kerusakan pada lapisan ini, sistem kekebalan tubuh yang terletak di usus perlu diwaspadai. Flora usus yang tidak seimbang, usus bocor, dan alaergi makanan berkaitan dengan penyakit kulit eksim.

Adapun yang kelima adalah berat badan. Bakteri dalam usus dapat berpengaruh besar pada makanan apa yang dibutuhkan dan berapa berat badan yang diperoleh. Ketidakseimbangan dalam mikrobiota usus dan keragaman bakteri seringkali ditemukan pada orang yang mengalami obesitas dibandingkan orang yang langsung. Mikrobioma dari seseorang yang mengalami obesitas tampaknya mengharuskan untuk melakukan diet. (Asep Saepudin Sayyev)

Sumber : Koran Jurnal Bogor, edisi 12 Desember 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here