Manfaat Internet Of Things itu Sangat Banyak

124
sumber gambar: https://bogor.net

Perangkat yang menerapkan IoT ini banyak yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan mempermudah pekerjaan manusia. Seperti :

1. Industri

sumber gambar : http://safetynet.asia/

Penggunaan IoT untuk memantau dan memelihara fungsi-fungsi industri dan juga penggunaan kamera pengintai berbasis IP (IP Camera) untuk menjaga keamanan fisik.

2. Monitoring lingkungan

sumber gambar : https://i1.wp.com/tokotronik.com

Contohnya yaitu pada saat Kebakaran hutan juga dapat di cegah dengan sistem pencegahan kebakaran yang ter-integrasi, dengan data laporan titik panas dari satelit yang terhubung langsung ke sistem penyemprotan air di titik lokasi kebakaran maka dapat lebih memungkinkan api di padamkan lebih cepat.  

3. Bidang kesehatan

sumber gambar : https://3.bp.blogspot.com

Para dokter yang dapat memantau pasiennya secara khusus tanpa harus mengujungi ke kamar pasien tersebut. Dan peralatan yang digunakan juga sudah dapat dihubungkan dengan internet sehingga lebih mudah dalam pengawasan.

4. Otomasi gedung dan perumahan

sumber gambar : https://wangsadesigns.files.wordpress.com

Pengunaan perangkat elektronik rumahan yang dapat memudahkan orang dalam berbagai hal. Contohnya saja, aplikasi smart home yang dapat membantu anda saat melakukan berpergian tetapi lupa mematikan listrik rumah walaupun sedang berada diluar rumah anda masih dapat mematikan listrik yang tidak berguna dengan aplikasi smart home ini. Untuk contoh pada gedung yaitu, gedung dengan multi tenant yang dapat meningkatkan keamanannya dengan sistem sidik jari untuk tamu, pegawai kantor sehingga dapat mengetahui siapa saja yang masuk kedalam kantor dengan data sidik jari yang telah dikirim ke sebuah aplikasi pendaatan pengujung gedung tersebut.

Jadi. Singkatnya penggunaan Internet Of Things ini mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat dalam mempermudah sebuah pekerjaan. Hanya saja perlu pengaturan yang bijak agar tidak menjadi sesuatu yang negatif baik dalam skala perorangan bahkan hingga skala nasional.

Source: https://www.plimbi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here