Mulai Januari, Masuk GOR Pajajaran Bayar

43
sumber gambar : https://i0.wp.com/www.heibogor.com

Januari2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor bakal menerapkan parkir elektronik bagi pengunjung komplek Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran, Kota Bogor. Dilokasi sudah tertancap dua mesin parkir elektronik yakni di jalan Pemuda danAhmad Yani.

Kepala Seksi Perparkiran Dishub Kota Bogor, Suratman membenarkan akan adanya pemberlakuan secure parking di GOR Pajajaran. Namun, saat ini dalam proses sosialisasi, termasuk tarifnya juga masih belum ditetapkan besarannya.

“Kita sudah pasar barrier gate di kawasan GOR Pajajaran, dan rencananya pemberlakuan tersebut di bulan januari 2019,” ujar Suratman kepada awak media, Selasa,(4/12).

Terpisah, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Disbuh Kota Bogor Dodi Wahyudin mengaku penataan parkir di komplek GOR Pajajaran tujuannya tak lain meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan memberikan rasa nyaman kepada para penghujung yang datang mengingat juga di wilayah tersebut sering terjadi laporan kehilangan kendaraan.

Dodi membenarkan, saat ini maSIh tahapan sosialisasi, belum diberlakukan parkir elektornik tersebut karena masih dilakukan pembenahan dari mulai operatirnya dan pemasangan rambu parkir.

“Kita belum tentukan tanggal pelaksanaanya karena masih dalam tahan sosialisasi dan akan dilakukan pelatihan dulu kepada operatornya,” ujarnya.

Pengunjung nantinya masuk pada pintu dari jalan Pemuda dan keluar di jalan Ahmad Yani. Dirinya memastikan bakal ada bata tarif maksimal yang bakal diterapkan untuk motor dan mobil.

“Intinya, penerapan parkir tersebut tidak sama dengan di mall, lebih ringan. Motor jika lebih dari jam pertama dikenakan tariff Rp2.000, dengan batas maksimal tarifnya Rp.4.000. Sedangkan mobil di jam pertama Rp.3000 dan tariff maksimal Rp6.000,”ungkapnya.

Ia juga menegaskan, kebijakan penerapan parkir di komplek GOR Pajajaran bukan berarti menghilangkan pekerjaan juru parkir yang sudah ada. Nantinya mereka direkrut menjadi operator parkir dan mengarahkan pengendara yang ada di dalam komplek GOR.

Selain itu, pegawai KONI ataupun mereka yang biasa beraktivitas di sana di data agar tidakdikenakan tariff. “Berapa PAD yang hasilkan dari kebijakan parkir, kita belum bisa prediksikan, akan tetapi tujuannya tak lain yakni meningkatkan PAD KotaBogor,” ujar Dodi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor, Eko Prabowo mengungkapkan, bahwa rencana Dishub menata parkir di kawasan GOR Pajajaran sudah sejak dua bulan lalu. Namun, baru sekarang ini Dishub memasang barrier gate (palang parkir) yang nantinya digunakan pada parkir elektronik.

Sebelum secure parking diterapkan pihak Dishub menyosialisasikan kepada masyarakat. “Kita mempersilahkan jika Dishub menata parkir di kawasan GOR Pajajaran karena tupoksinya. Apalagi tujuannya untuk memberikan kenyaman dan keamanan kepadapara pengunjung,” katanya.

Pihaknya juga sudah diskusi dengan Dishub akan rencana penerapan secure parking. Menurut informasi, penerapan program elektronik bakal diberlakukan mulai 1 januari2019, dan saat masih tahap sosialisasi. (Fredy Kristianto)

Sumber : Koran Jurnal Bogor, Edisi 5 Desember 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here