Warga Dua Desa Unjuk Rasa Tuntut Perbaikan Jalan

46
sumber gambar : https://artikula.id

Ratusan warga Desa Wanaherang dan Cicada, Kecamatan Gunungputri, Senin (3/12), menggelar aksi unjuk rasa menuntut jalan Mercedes Benz diperbaiki. Aksi unjuk rasa tersebut dilakukan sebagai buntut kekesalan warga, karena sejak jalan tersebut rusak aktivitas warga terhambat.

“Jalan Mercedes Benz itu sangat vital, sebagai penggerak roda perekonomian, tapi ironisnya para petinggi dan pengambil kebijakan di Pemkab terkesan tak peduli, makannya kami menggelar aksi, untuk mengetuk nurani mereka,” kata Asep, satu dari ratusan pengunjuk rasa, kepada wartawan.

Asep mengungkapkan, kerusakan yang terjadi di Jalan Mercedes Benz itu sangat parah. Bahkan, saat musim hujan seperti sekarang, badan jalan pun berubah seperti kubangun kerbau.

“Katanya ingin Bogor ingin jadi Kabupaten termaju di Indonesia, tapi kenapa ngurus jalan saja, sepertinya tidak mampu. Padahal Gunung putri, khususnya Wanaherang dan Cicadas ikut menyumbangkan Pendapat Asli Daerah (PAD) tak sedikit untuk kas daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Eko Syaeful Rohman, anggota DPRD asal daerah pemilihan (Dapil) II yang duduk di Komisi III mnegatakan, Jalan Mercedes Benz akan diperbaiki pada tahun anggaran 2019 mendatang.

“Nilai anggaran untuk perbaikan Jalan Meredes Benz yang rusak sepanjang 1 kilometer mencapai Rp 6.7 miliar. Kami akan minta proses pelengannya dilakukan pada awal tahun. Ini penting agar kerusakan jalan tidak semakin parah,” katanya.

Namun, karena proses pelelangan membutuhkan waktu, Eko meminta, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan penggerukan gunudukan tanah yang membuat badan jalan Mercedes Benz bergelombang. “Itu langkah darurat, PUPR pun bisa meminta bantuan perusahaan yang berdiri di sepanjang jalan itu, untuk bersama – sama melakkan perbaikan,” katanya.

Junaidi Syamsudin, anggota DPRD Dapil II membenarkan, perbaikan Jalan Mercedes Benz dilakukan pada semester pertama 2019. “Saat rapat pembahasan RAPBD 2019, kita sudah meminta Kepala Dinas PUPR Pak Yani Hasan, agar lelang proyek perbaikan jalan Mercedes Benz diajukan pada awal tahun,” ungkapnya.

Junsam, sapaan akrab dari poitisi PPP itu lebih lanjut mengatakan, dialokasikannya anggaran Rp 6,7 miliar di APBD 2019 merupakan perjuangan semua anggota DPRD Dapil II. “Kami tidak tinggal diam, saat pembahasan anggaran di infrastruktur di PURP, kami paling ngoto, anggaran untuk jalan Mercedes Benz tidak dikarungi, alhamdulillah, upaya kami mendapatkan dukungan dari semua Badan Anggaran, bahkan anggarannya pun tidak ada pengurangan dari usulan yang diajukan,” tutupnya. (Noverando H)

Sumber : Koran Jurnal Bogor, Edisi 4 Desember 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here