Apa Saja ya Contoh Aplikasi Dari Pemakain Cloud Computing?

102
sumber gambar : https://telset.id

Cloud Computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan cloud computing.

Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melaluikomputer dengan akses internet.

Ini dia contoh aplikasi komputasi awan

#1. Google Drive

Layanan penyimpanan Online yang dimiliki Google. Diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Serta memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB kepada setiap penggunanya. Kapasitas tersebut dapat ditambahkan dengan melakukan pembayaran atau pembelian Storage.

#2. Windows Azure

Sistem operasi yang berbasis komputasi awan, dibuat oleh Microsoft untuk mengembangkan dan mengatur aplikasi serta melayani sebuah jaringan global dari Microsoft Data Centers. Windows Azure yang mendukung berbagai macam bahasa dan alat pemograman. Sistem operasi ini dirilis pada 1 Februari 2010.

#3. Yahoo.com

sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail,Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya.

#4. Evernote

Mungkin biasanya kamu membuat catatan dalam microsoft word, tapi apakah kamu harus membawa kemana-mana laptop atau PC untuk mencatat sesuatu? Evernote dapat membuat catatan atau notes, menyimpan beberapa artikel yang ditemukan ketika browsing, menyimpan ide-ide, dan ditambah lagi bisa di akses dengan PC, smartphone, ipad dan lainnya.

#5. Dropbox

Tempat untuk semua kerja Kamu. Dapat menyimpan dan membagikan file, berkolaborasi pada proyek, dan mewujudkan ide terbaik—baik saat bekerja sendiri atau sebagai bagian dari tim.

#6. Skydrive

Layanan penyimpanan data milik microsoft yang berbasis cloud server. Dimana kita bisa ‘menitipkan’ data-data ke server Microsoft dengan satu akun yang sama (Windows Live ID). Layanan ini setara dengan layanan lain semisal dropbox atau Google Drive.

#7. Scribd

Sebuah website yang berisikan berbagai macam dokumen/data yang menyatu dalam sebuah halaman web dengan menggunakan iPaper format.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here