Karateka Berkontribusi Dalam Pembangunan

64
sumber gambar: http://tigerpawma.com

SEKERTARIS Daerah kota Bogor, Ade Sarip Hidayat memberikan arahan dalam latihan gabungan karateka sabuk hitam se-kota Bogor, di ruang Paseban Sri Baduga, Gedung Balaikota Bogor, akhir pekan kemarin.

Ade menjelaskan, dengan adanya latihan bersama tersebut, silaturahmi antar karateka dari berbagai perguruan dapat terjalin dengan adanya latihan bersama tersebut, silaturahmi antar karateka dari berbagai perguruan dapat terjalin dengan baik, dan prestasi karate Kota Bogor terus meningkat, baik di kancah daerah, nasional maupun internasional.

“Olahraga karate berkembang cukup pesat di kota Bogor. Hal tersebut terlihat dari terus tumbuhnya perguruan-perguruan karate serta mampu mencetak prestasi yang sangat membanggakan,” ucap Ade Sarip.

Lebih jauh pria yang juga pernah menjadi Pembina Bandung karate  Club (BKC) Kota Bogor pada 1999-2004 itu mengajak para karateka, khususnya pemegang sabuk hitam untuk ikut ambil bagiandan berkontribusi dalam setiap pembangunan di kota Bogor.

“Dalam kesempatan ini saya ingin para karateka bisa menyumbangkan tak hanya prestasi olahraga tetapi juga bersinergi terhadap program-program yang dijalankan pemerintah kota Bogor, “ jelasnya

Ia menambahkan, memiliki sabuk tertinggi merupakan dambaan setiap karateka, namun mempunyai sabuk tertinggi harus mempunyai tanggung jawab dan semangat yang tinggi untuk kehidupan universal. “Harus bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan tentunya tidak boleh menjadi sombong dan lupadiri menjadi kalap,” tambahnya.

Ade juga menerangkan ada tiga dimensi dalam karate. Pertama, pastikan gerak dan langkah diniatkan  dengan baik. Kedua, tutur bahasa harus membuat nyaman orang lain. Ketiga, adalah berbuat amal. “Ini semua didasari dengan hati, ikrar dan perbuatan yang benar,” kata dia.

Terakhir, sekda juga mengajak para penyandang sabuk hitamuntuk menyalurkan kemampuan sekaligus bersikap dan berperilaku baik kepada orang lain dan alam. “Saya apresiasi karena BKC handir membantu dalam kegiatan naturalisasi Ciliwung yang digagas oleh Wali Kota Bogor,” pungkasnya

Asep syahmid

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 15 Januari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here