Perbaikanan Pola Asuh Permisif

157
sumber gambar: kompasiana.com

Para peneliti mengatakan pola pengasuhan permisif merupakan pola asuh yang gagal. Pola asuh ini dinilai tidak memiliki aturan. Namun jangan kawatir , jika anda terlalu permisif, belum terlambat untuk mulai menetapkan batas. 

ingat bukan tugas orang tua untuk membuat anak mereka bahagia, sebaliknya tugas mereka adalah mendukung tugas mereka dalam memahami dan mengelolah seluruh emosi mereka, ujar laura Markham, penulis buku Peaceful parent, Happy Kids seperti dilangsiri di good Housekeeping. 

langkah pertama adalah memahami betapa pentingnya batasan terhadap rasa aman, keamanan dan harga diri anak. Selanjutnya coba langkah langkah berikut. 

Pertama setuju aturan keluarga Berusaha keras untuk tetap tenang ketika aturan-aturan itu tidak diikuti. ingat tetap terhubung dengan anak anda adalah hal yang memberika motivasi untuk mengikuti aturan  anda ujar Markham.  

Dia juga mengatakan untuk memperhatikan saat- saat  ketika anda tidak menetapkan batas karna perasaan sakit hati anak anda membuat anda tidak nyaman tapi bersedia menghadapi ketidaknyamanan anda sendiri. 

Kedua tetapkan rutinitas Debbie Zeichner menambahkan semua anak ingin merasakan rasa memiliki dan merasakan bahwa mereka penting dan memiliki sesuatu yang bermakna untuk di sumbangkan.jika anda kesulitan keluar dari pintu di pagi hari, tanyakan kepada anak anda langkah -langka apakah yang harus anda ambil akan pergi tepat waktu.

Sumber : Koran Jurnal Bogor, edisi 4 Januari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here