Wow, Anggaran Pembangunan RSUD Capai Rp 103 M

101
Sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memberikan bantuan Rp31 miliar unutk pembangunan 300 ruang rawat inap di RSUD Kota Bogor. Dengan demikian, total anggaran untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat yakni, senilai Rp103 miliar, yang Rp72 miliarnya berasal dari APBD.

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Lia Kania Dewi membenarkan adanya bantuan keuangan dari Pemprov Jabar tersebut. “Rp31 miliar itu adalah bantuan keuangan provinsi melalui APBD Kota Bogor. Bentuknya bukan hibah tapi belanja langsung program dan kegiatan. Nantinya dan itu masuk dulu ke kas daerah. Tapi samapi sekarang dananya belum disalurkan,’ ujarnya kepada wartawan, Minggu (20/1).

Namun, R31 miliar itu belum diterima emerintah Kota (Pemkot) Bogor lantaran Rencana Kerja Anggaran (RKA) baru dibuat oleh RSUD dan belum diasistensi menjadi Dkumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Kalau sudah menjadi DPA, baru diakomodir dalam Perwali perubahan Penjabaran APBD 2019. Mudah-mudahan awal Februari sudah selesai, dan segera dilelangkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi dan Pengendalian Pembangunan (Adalbang) Sekretariat Daerah Kota Bogor, Rahmat Hidayat mengatakan bahwa pohaknya akan segera melelangkan tender pembangunan 300 ruang rawat inap setelah DPA dan perwali rampung. “Setelah semuanya rampung baru kami lelangkan,” ucapnya.

Rahmat menuturkan, walau DPA APBD 2019 telah melakukan lelang pradipa. “Lelang MK RSUD senilai Rp1,8 miliar sudah dilaksanakan. Untuk belanja jasa pengawasan manajemen kontruksi sudah ditayangkan di eproc pada Desember 2018,” ujarnya.

Rahmat mengatakan bahwa anggaran Rp103 miliar sangat representatif untuk pembangunan RSUD. “Memang anggaran pembangunan RSUD harusnya sekitar Rp103 miliar. Tapi APBD hanya sanggup Rp miliar. Beruntung ada bantuan provinsi,” katanya. (Fredy Kristianto)

Sumber; Koran Jurnal Bogor, edisi 21 Januari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here