Ade Yasin Janji Perhatikan Kesejahteraan Guru PAUD

45
https://www.google.com

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang banyak berdiri di pelosok kampung dan di kelola swadaya masyarakat, bahkan sang guru pengajarnya pun umumnya para relawan yang tak mendapatkan honor rutin, keberadaannya tak bisa lagi dipandang sebelah mata, lembaga pendidikan ini ternyata menjadi awal dari pembentukan karakter seorang anak manusia, sebelum masuk kejenjang pendidikan formal, yakni SD.

KEMENTERIAN Pendidikan Nasional (Kemendiknas) pun sudah mengintruksikan, agar semua pemerintah daerah mulai provinsi sampai kabupaten/kota memberikan perhatian lebih serius kepada PUAD.

Di Jawa Barat, data dari Dinas Pendidikan, jumlah PAUD ada sekitar 35 ribuan tersebar di 27 kabupaten/kota. “PAUD saat ini memang penyebarannya belum merata kesemua desa. Jumlah 35 ribu itu masih kurang, bila mengacu pada jumlah penduduk Jawa Barat,” kata Bunda PAUD Jawa Barat,  Atalia Praratya, dalam keterangan  tertulisnya kepada Jurnal Bogor, Selasa (05/02).

Istri dari Gubernur Ridwan Kamil itu meminta, daerah baik kota maupun kabupaten di Jawa Barat memberikan perhatian lebih kepada PAUD, khususnya yang ada di wilayah pedesaan, karena dari sisi sarana dan prasarana umumnya masih kurang, seperti ketiadaan bangunan untuk melaksanakan kegiatan belajar danbermain.

” Ini menjadi pekerjaan rumah atau tugas para Bunda PAUD di daerah yang baru dilantik, pemerintah provinsi pastinya siap membantu, apalagi ini investasi untuk masa depan generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil meminta, meski fungsi PAUD itu sebagai tempat bermain dan belajar anak sebelum masuk sekolah formal, namun tak ada salahnya anak-anak itu dikenal dengan kemajuan teknologi dan informasi.

“Sekarang ini kan eranya digitalisasi, anak-anak harus kita kenalkan, baik yang sifatnya positif maupun negatif, satu diantaranya soal penggunaan handpone. Ini penting, agar waktu mereka tidak dihabiskan bermain handpone atau internet,” katanya.

RK pun tak menutup mata, banyak tugas pemerintah terbantu dengan adanya PAUD. “Anak-anak biasanya akan cepat tanggap dan mudah mengerti, ketika yang memberitahukan itugurunya, contoh sederhananya sial pentingnya mengonsumsi sayuran, karena biasanya anak-anak tidak mau makan pakai sayur. Pesan-pesan ini harus oleh para guru PAUD,” pintanya.

Sementara itu, Ade yasin, sebagai Bunda PAUD Kabupaten Bogor berjanji akan memberikan perhatian lebih kepada PAUD, diantaranya dengan membantu penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. “PAUD saat ini sangat penting, karena lembaga ini bisa melahirkan generasi handal, berkarakter membangun generasi penerus bangsa, makanya harus diperhatikan,” katanya.

Selain itu terkait kesejahteraan para guru PAUD, Ade mengatakan, secara bertahap, pemerintah daerah pastinya akan membentu mereka. “Kesejahteraan guru PAUD itu tak boleh diabaaikan, pemda sangat berterima kasih, karena para guru PAUD itu dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab tanpa pamrih mendidik calon-calon generasi penerus bangsa,” tutupnya. (Mochamad Yusuf)

Sumber gambar: Koran Jurnal Bogor, edisi 6 Februari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here