Akses ke Cibubur Tak Direstui

139
sumber gambar: https://1.bp.blogspot.com

CILEUNGSI – Pengembangan jalur perintis DAMRI tiga Wilayah, Tanjungsari, Cariu, Jonggol menuju Cibubur – Jakarta tak mendapat restu Dishub Kabupaten Bogor. Pasalnya, jika DAMRI terintegrasi Jonggol – Cibubur dinilai hanya memicu konflik penolakan kendaraan umum yang sudah beroperasi.

Kabid Angkutan Dishub Kabupaten Bogor, Dudi Rukmayadi menjelaskan, Jonggol menuju Cibubur sudah memiliki transportasi berupa bus antar kota dan angkutan umum. Oleh karenanya, jika DAMRI dihubungkan dengan Cibubur, pastinya akan mendapat penolakan. “Nanti pengusaha angkutan yang ada akan melakukan penolakan, dan ini yang kami tidak inginkan,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Sementara, adanya pengembangan angkutan di jalur perintis diperuntukkan diwilayah-wilayah yang minim transportasi. Sehingga, lanjutnya mereka lebih fokus ke wilayah Jonggol, Cariu, Tanjungsari, hingga Cianjur dulu. “Yang minim, bahkan tidak ada transportasi,” pungkasnya.

Setuju, pengamat transportasi dan tata ruang , Budi Arif pun mengatakan, akan beresiko penolakan karena jalur Jonggol – Cibubur sudah memiliki trayek angkutan umum. Ia menyarankan agar Dishub dan pihak DAMRI lebih fokus ke jalur yang minim transportasi terlebih dahulu.

“Matangkan dahulu kajian sebelumya, yaitu jalur Jonggol – Cianjur. Agar lebih efisien bagi masyarakat dan tidak sia – sia,” tegasnya.

Memberi masukan, Budi mengungkapkan, agar nantinya bus ukuran sedang menjadi pilihan. Bukan angkutan umum seperti di perkotaan. pasalnya, nanti akan berdampak pada persoalan baru, seperti di perkotaan. “Bus sedang lebih bauk. jangan coba-coba pakai angkot,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas perhubungan kabupaten Bogor menggandeng DAMRI menggagas jalur perintis di wilayah timur. Sejumlah trayek digadang-gadang, yakni Jonggol – Cariu- Tanjungsari sampai Kabupaten Cianjur, menggandeng Dishub Kabupaten Cianjur.

Terkait jalur perintis yang di hubungkan dengan integrasi Cibubur menyusul jadi rencana setelahnya. Pihak DAMRI akan membahasnya dengan Dishub. General Manager DAMRI Cabang bogor, Herman Supryadi menjelaskan, nantinya pihak-pihak DAMRI akan mengkaji kebutuhan masyarakat ke Cibubur.

Jika permintaan belum sampai kepada aktivitas yang dibutuhkan, kata dia, DAMRI  akan fokus jalur Jonggol-Cianjur. “Semua nanti kami bahas bersama Dishub termasuk Cibubur ini. Namun kami lebih pertimbangkan membuka jalur yang belum atau minim transportasi,” katanya. (don/c)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 11 Februari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here