Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea Saat Imlek Banyak Dikunjungi Warga Tionghoa

39
sumber gambar: www.jia-xiang.biz

 Sebagian warga Tionghoa di sekitar kecamatan ciampek dan luar ciampea tak asing lagi dengan klenteng teng Hok Tek Bio ciampea yang berada di jalan pasar Raya Ciampea, Desa Ciampea kecamatan Ciampea setiap perayaan Imlek banyak dikunjungi untuk melaksanakan sembayang.

 TAK hanya perayaan Imlek saja,pada hari-hari biasa pun sering dikunjungi umat Tionghoa karena disana terdapat altar yang disebut Hok Tek ceng sin,dan kwan Im Po sat yang merupakan pusat kumpulnya arwah para dewa dan leluhur warga Tionghoa.

 “Mereka melakukan ritual kepada Tien  atau Tuhan,pengurus “kata salah satu pengurus Klenteng Hok Tek Usin Kepada Jurnal Bogor,Kemaren.

 Lebih jauh usin menjelaskan,soal berdiri klenteng Hok Tek Bio Ciampea didasari semangat kebersamaan antara masyarakat lokal dan peranakan,salah seorang tokoh Tionghoa pada masa itu,Thung Tiang Mie ahirnya memutuskan untuk membangun sebuah kelenteng.

“Bagi kami,komunitas Tionghoa di ciampea menyakini orang yang pertama kali menginisiansi atau faounder dari kelnteng ini adalah kong co Thung Tiang Mie,sekitar tahun 1800-an.

Beliau kebetulan seorang tokoh muslim yang bernama Tubagus Abdullah bin Moestopa,”kata Usin.

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 6 Februari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here