Pemkab Prioritaskan Pegawai K 2

57
sumber gambar: http://tekape.co

Keputusan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemen PN/RB), yang akan merekrut pegawai baru dengan sistem perjanjian kontrak atau P3K diapresiasi para kepala daerah di seluruh Indonesia, satu diantaranya Kabupaten Boor.

“Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang diputuskan pemerintah pusat, dalam hal ini Kemen PAN/RB, prioritasya untuk pegawai honor daerah (Honda) yang masuk kategori 2 atau K 2,” kata Kepala Bidan Formasi Bada Kpegwaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Erwan Suherman, dihubungi wartawan, Rabu (6/2).

Rencananya kata Erwan, pengumuman perekrutan tenaga P3K itu dalam waktu dekat ini. “Informasi yang kita terima sih pembukaan perekrutan pada bulan ini, prioritas pegawai yang akan direkrut, tenaga medis, pendidik dan penyuluh pertanian yang umumbya pegawai eks honorer K 2,” ujarnya.

Namun sayangnya, Eran belum berani menyebutkn berapa kuota atau jumlah tenaga P3K yang akan direktur. “Kalau untuk masalah kuota, kami belum bisa mengungkapkannya, karena semuanya ditentukan pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tapi, unutk kebutuhan mah sudah diajukan, sejak ada rencana perektrutan,” katanya.

Erwan menjelaskan, pegawai yang akan direkrut menjadi P3K tidak sembarangan, misalnya untuk tenaga guru/pendiidk, syarat endidikannya mnimal strata I dan sampai sekarang masih aktif mengajar. “Prioritasnya guru yang mengajar di tingkap pendidikan dasar, seperti SD dan SMP,” ktany.

Sementara itu, unutk tenaga kesehatan medis dari informasi laman Kemen PAN/RB. pendaftar harus mengantongi ijazah D3 Kesehatan, sedangkan bisah enyuluh pertanian, kualifikasi hanya menuntut pendidikan SMK pertanian atau SLTA dengan menyertakan sertifikasi pertanan.

Rencanaya tenaga P3K yang akan direkrut pada tahun 2019 jumlahnya sebanyak 150 ribu orang dibagi dalam dua tahap. Pada tahap pertama akan dibuka 8 Februari dengan total formasi sebanyak 75 ribu. (Mochamad Yusuf)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 7 Februari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here