Warga Kebon Pedes Tagih Janji Pemkot, 44 tahun pasca Ruislag, SHM tak kunjung terbit

34
sumber gambar: dekoruma.blog

PULUHAN warga Kebon pedes menagih janji pemerintah kota (pamkot) Bogor dengan mendatangi Gedung DPRD terkait pembuatan Sertifikat Hak Milik (SHM) atas rumah mereka di RT 04/RW 04, kelurahan kebon pedes, kecamatan Tanah sareal, yang ditempati selama 44 tahun.

Salah seorang warga, chandra mengatakan, tuntutan warga tersebut didasari atas tanah seluas 5.000 meterpersegi dikawasan GOR pajajaran, yang diruislag pada 1975 silam.

“Dulu tahun 1975 ada perjanjian antara warga dan pemerintah untuk meruislag tanah kami yang ada dikawasan GOR pajajaran dengan lahan di kebon pedes. Tapi dari 30 warga yang terkena gusuran, baru empat orang yang mendapatkan SHM.” ucapannya kepada wartawan, Rabu (13/2).

Sementara sisanya, hingga kini belum mendapatkan dokumen tersebut lantaran ada berkas asli yang hilang akibat terbawa banjir pada tahun 2000 lalu. “Kami perlu legalisir soal dokumen itu. Kita sudah melakukan pertemuan dengan walikota belum lama ini, “katanya.

┬áKata dia, awalnya ruislag tersebut dilakukan lantaran pemerintah ingin membangun istana di tahan yang kini menjadi kawasan GOR pajajaran.”kami berharap pemeritah segera menyikapi hal ini, “ucapnya.

Sementara itu, ketua DPRD kota Bogor, Untung W Maryono menegaskan bahwa wakil rakyat melalui komisi 1 telah menindaklanjut aspirasi warga dengan mengomunikasikan hal itu bersama pemkot Bogor. “Kami akan mendorong dan menjembatani pemerintah menuntaskan hal itu. Apalagi presiden Joko Widodo sedang menggember program PTSI,” tegas Untung.

Untung pun meminta agar Walikota Bima Arya segera menindaklanjuti keluhan warga melalui kerjasama dengan badan pertahanan Nasional (BPN). “kan di kota bogor sudah ada 4.000 sertifikat yang di terbitkan melalui PTSI. Tapi kenapa 26 warga dikebon pedes tak di bantu. Harusnya mereka menjadi prioritas,” tukasnya. (Fredy Kristanto)

Sumber: Koran Jrnal Bogor, edisi 14 Februari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here