Semarak Bogor Carnival, Zigaz Bikin ‘Pecah’

50
Sumber gambar: http://jurnalbogor.com

Pariwisata berbasis ekonomi kreatif menjadi setor potensial di Kota Bogor. Selain sebagai ranah strategis untuk mengeskalasi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), pengembangan pariwisata Bogor pun diharapkan dapat meningkatkan minta wisatawan domestik dan asing untuk berinvestasi di Kota Bogor.

Mall BTM sebagai pusat perbelanjaan dan rekreasi terkemuka di Kota Bogor konsisten mendukung Bogor sebagai Kota Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui rangkaian kegiatan dan program yang dikembangkan untuk memperkuat city branding Kota Bogor.

Jika pada tahun 2018 lalu Mall BTM menyelenggarakan Bogor Carnival Run yang diikuti lebih dari 1.000 pelari dalam rangka memperkenalkan destinasi wisata olahraga di Kota Bogor, tahun ini, Mall BTM berkolborasi dengan pelaku seni dan komunitas kreatif Kota Bogor menggelar Bogor Carnival yang ditjukan untuk mempromosikan pariwista Kota Bogor serta menyambut ulang tahun Mall BTM ke-12 akan diadakan pada tanggal 3-31 Maret 2019 bertempat di Mall BTM JL.Ir.H.Juanda No.68 Bogor.

Pada kesempatan ini, Mall BTM juga meluncurkan program belanja terbarunya yaitu “Belanja Berprestasi”. Program yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Bogor dan BNI ini, mendorong tema pendidikan yang terencana dimana hadiah utamanya adalah Gratus Biaya Sekolah berupa tabungan pendidikan selama 1 tahun.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor, Fahrudin mengapresiasi dan menyambut baik program Mall BTM yang menggulirkan Belanja Berprestasi dengan memberikan beasiswa.

“Saya baru kali ini, menemukan belanja dihubungkan dengan prestasi. Kalau di tempat lain atau umumnya belanja daat diskin atau belanja dapat hadiah, itu sudah tidak aneh. Tapi belanja berprestasi yang dihubungkan dengan pendidikan saya sangat mengapresiasi, ini unik, bagus, inovatif sekali,” ungkapnya.

H. Shahlan Rsyidi, Kepala Dinas Pariwisata mengatakan, Mall BTM sebagai salah satu destinasi wisata belanja di Kota BOgor berkomitmen merancang program – program untuk kemajuan Kota Bogor.

Tidak hanya dari sisi peningkatan skala ekonomi kreatif UMKM Kota Bogor tetapi juga turut mempromosikan sisi pariwisata dan melestarikan kebudayaan Kota Bogor seperti acap kali berkontribusi terhadap penyelenggaraan evaluasi seni budaya tari Kota Bogor, pembuatan event bersama komunitas kreatif Kota Bogor, rutin menggelar pameran seni Kota Bogor dan tentunya mendukung kegiatan Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kota Bogor setiap momentumnya.

Samuel Koshan, Direktur Mall BTM mengatakan, penyelenggaraan Bogor Carnival tahun ini, menitik beratkan pada promosi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi kreatif Kota Bogor.

“Alasan kami menyelenggarakan Bogor Carnival karena melihat pariwisata sebagi sektor kunci bagi suatu kota. Oleh karena itu, Mall BTM sebagai salah satu tujuan destinasi wisata belanja (shopping tourism) di Kota Bogor senantiasa membuat event-event tematik setiap bulannya berkolaborasi dengan pemerintah, media, UMKM, hingga komunitas kreatif agar semakin meningkatkan daya tarik pelancong berkunjung ke Kota Bogor. Kami berharap event Bogor Carnival dapat endukung kemajuan pariwisata Kota Bogor,” ucapnya.

Bogor Carnival berkolaborasi dengan pemerintah Kota Bogor, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, pelaku seni dan komunitas kreatif Kota Bogor antara lain: Komunitas Jaipong, Komunitas Barongsai, IndoSweat Camp Bogor, Percuccion Community, Teman Bermain Bogor, Sanggar Tari Ayodyapala, Baris-Berbaris dan dimeriahkan dengan penampilan Zigas, band asal Bogor yang dikenal dengan hits single “Sahabat Jadi Cinta”. (Hendy Mehonk)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 5 Maret 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here