Tips Hadapi Letupan Minyak Saat Menggoreng, Perlu Kamu Coba!

104
sumber gambar: https://img.qraved.co

Ikan atau ayam merupakan olahan masakan yang banyak sekali penggemarnya, namun untuk menikmati makanan tersebut perlu perjuangan. Apa itu?

Yap! tantangan disaat kamu harus mengolahnya dengan cara digoreng. Tidak sedikit yang ketakutan dengan letupan minyak yang seperti petasan. Dan tidak bisa kamu anggap sepele, karena minyak panas akan berakibat fatal jika melukai kulit mu

Untuk itu coba kamu simak beberapa tips dibawah ini.

#1. Perhatikan ukuran minyak yang ditumpahkan ke wajan

sumber gambar: resepkoki.id

Usahakan minyak tidak terlalu banyak atau sedikit, karena kalau sedikit hasil olahannya kurang renyah dan dapat meletup ketika proses penggorengan. Jika terlalu banyak minyak akan naik ke permukaan dan mudah menguap yang pada akhirnya akan menimbulkan letupan. Tuangkanlah minyak kira-kira sepertiga saja dari ukuran wajan untuk menghindari letupan.

#2. Suhu Minyak yang perlu diperhatikan

sumber gambar: https://ecs7.tokopedia.net

Suhu pada minyak goreng juga harus kamu perhatikan agar ketika menggoreng ikan atau ayam tidak terjadi letupan yang dashyat seperti petasan. 

#3. Bumbu masak yang mempengaruhi letupan minyak panas

sumber gambar: https://www.rumahmesin.com

Tahu tidak kalau bumbu masak yang mengandung air terlalu banyak akan memicu letupan ketika proses penggorengan. Jadi ada baiknya jika kamu meniriskan dahulu ikan atau ayam yang akan digoreng, agar kandungan air baik dari bumbu atau dari makanan tersebut dapat berkurang.

#4. Gunakan garam

sumber gambar: https://img.okezone.com

Kamu hanya perlu mencampurkan garam dengan minyak goreng, itu artinya kamu harus mengurasi jumlah garam yang sudah kamu masukan ke dalam olahan makanan.

#5. Gunakan daun pisang

sumber gambar: https://backgroundcheckall.com

Kamu tinggal taruh daun pisang didasar minyak, daun pisang dinilai dapat menyerap panasnya minyak saat menggoreng sehingga letupan pun dapat terkurangi.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here