5 Alasan Kenapa PC Bisnis Anda Harus Beralih ke Intel NUC

85
sumber gambar: https://images-na.ssl-images-amazon.com

Ketika kita membicarakan tentang bisnis, komputer desktop memang mempunyai perkembangan yang lambat. Perubahan akan tetap terjadi namun hal ini karena Intel NUC memberikan fitur dan bentuk baru dari penggunaan sebuah PC. Intel NUC memberikan penawaran bagi para pekerja maupun departemen IT dari sebuah perusahaan sebagai pengganti komputer desktop yang selama ini mereka pakai.

Cukup kecil dengan ukuran yang muat di telapak tangan, tetapi mempunyai fitur dan kemampuan yang layak sebagai komputer kantoran. Model komputer mini ini akan menjadi hal yang lumrah jika melihat perkembangan pada tahun-tahun yang akan datang.

#1. Bentuk yang ringkas

Dengan bentuk yang ringkas Intel NUC bisa dianggap sebagai bagian komputasi yang terpisah-pisah, karena bentuknya yang kecil mudah dipindahkan dan diganti-ganti bahkan oleh penggunanya sendiri. Mengingat ukurannya yang kecil, komputer ini bisa disimpan ke dalam laci. Tidak memerlukan sebuah ruangan khusus yang terjadi seperti halnya ketika anda masih menggunakan komputer desktop model lama.

Selain itu, karena Intel mengedepankan modularitas, penggantian komponen yang rusak ataupun upgrade (RAM, storage) dapat dilakukan dalam hitungan menit. Dalam masalah power supply siapa saja yang membawa charger handphone juga bisa menyalakan komputer ini.

Dan karena Intel NUC menggunakan part-part yang umum seperti pada laptop, akan membuat anda mengatur managemen part lebih mudah karena Intel NUC ini memiliki komponen yang sama dengan komponen laptop seperti sistem memori dan SSD.

#2. Ringkas namun Powerfull

Intel NUC dirancang dari awal sebagai sebuah PC yang dikecilkan. Dengan penggunaan prosesor berdaya rendah menggunakan teknologi terbaru membuat PC ini secara siginifikan sangat sunyi namun memiliki kekuatan komputasi yang kuat. Hal semacam ini mendorong orang-orang untuk mendapatkan kemampuan lebih dengan daya yang minim.

Pada gilirannya menggunakan Intel NUC akan membantu meringankan tagihan listrik pada perusahaan dan berdampak positif  dengan total biaya kepemilikan.

#3. Kemampuan Workstation

Hanya karena Intel NUC berukuran kecil bukan berarti bahwa PC ini tidak mempunyai fitur yang lengkap. Sebagian model-model baru sudah mendukung RAM hingga 16 GB dengan prosesor Intel Core i7 dan pengolah grafis Iris 6100. Model-model sekarang bahkan sudah menawarkan RAID-0 maupun RAID-1 guna mendukung workstation lebih cepat dan menambah redundansi.

Pilihan koneksi onboard sudah lebih dari cukup. Pada umumnya Intel NUC memiliki port ethernet dan memiliki Wireless-AC yang dipasangkan dengan Bluetooth 4.0. Adapun untuk display, mayoritas Intel NUC bisa output ke tiga monitor dan beberapa model sudah mendukung untuk port display 4K.

Slot USB onboard sebanyak 6 buah seharusnya sudah cukup untuk kebutuhan pengguna, slot M.2 dan MiniPCI tersedia untuk menambah kemampuan ekspansi.

Jika hal itu tidak cukup, beberapa Intel NUC menyediakan port VGA dan port Serial. Intel juga memberikan keleluasaan bagi perusahaan untuk memodif sendiri dengan menyediakan tutup yang bisa diganti dengan komponen yang fungsional seperti wireless charging, NFC , bahkan juga konektifitas 4G/LTE.

#4. Dibuat berdasarkan BYOD (bawa device mu sendiri)

Intel NUC membuat perusahaan dan karyawan bisa menggunakan sistem BYOD yakni jika anda ingin membawa komputer anda sendiri dari rumah tanpa harus bergantung dengan komputer kantor maka Intel NUC adalah solusi sempurna.

Hanya dibutuhkan beberapa detik untuk menyambungkan unit dengan power supply dan monitor. NUC juga menggunakan komponen yang tangguh seperti pada laptop yang tahan dengan goncangan dan lebih ringan daripada membawa laptop, beberapa model dengan mudah dapat masuk ke dalam kantong jaket anda.

Aspek lain yang mendukung BYOD sebagai pekerja jarak jauh adalah bahwa Intel NUC mempunyai fitur yang ramah, diantaranya konektivitas HDMI, audio digital, konektor Router. Dan lagi model NUC cukup ramah dan bagus untuk dibawa-bawa.

#5 Meningkatkan Nilai Kepemilikan

Model NUC sangat cocok bagi pelaku usaha kecil, seperti diketahui fitur fitur NUC telah meningkatkan keamanan dan peningkatan produktifitas usaha pun menjadi mungkin. Intel menyediakan fitur-fitur yang cukup bagus untuk pelaku usaha kecil ini diantaranya adalah dukungan WiDi Wireless Display dan WiFi serta meberikan garansi hingga tiga tahun semua ini diarahkan untuk mendorong penyebaran perangkat dalam setiap perusahaan.

Karena Intel NUC masih sebuah PC maka pengguna masih tetap mendapatkan manfaat dari dukungan perangkat lunak Intel  ISV (Independent Software Vendor) dan VAR (Value Added Reseller).

Untuk mengetahui lebih lanjut, anda bisa mendatangi PT Bonet Utama di Jl. Raya Pajajaran No.88F, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16153. atau http://www.bonet.co.id/

sumber artikel: https://kliknklik.com/blogs/5-alasan-kenapa-pc-bisnis-anda-harus-beralih-ke-intel-nuc/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here