3 Alasan Jangan Cuci Wajah Berminyak Pakai Sabun , Akan Berakibat Fatal!

555

Mayoritas orang beranggapan bahwa wajah berminyak adalah buruk karena menyusahkan, terlihat jelek, dan sederet alasan tak suka lainnya. Biasanya orang yang memiliki wajah berminyak akan mencuci menggunakan sabun. Tapi mulai sekarang ini, berhentilah sering mencuci wajah berminyak menggunakan sabun. Karena hal tersebut malah membuat wajah semakin kering dan memburuk.
Berikut ini tiga alasannya.

 
1. Tubuh memiliki kelenjar minyak yang bermanfaat bagi wajah

 

 

 
Kelenjar minyak terletak di bawah kulit, dan menyebar ke seluruh bagian kulit. Kecuali di telapak kaki dan telapak tangan. Kelenjar minyak ditemukan berlimpah di bagian wajah dan kulit kepala manusia.
Kelenjar minyak menghasilkan minyak yang disebut sebum. Sebum ini berfungsi penting bagi kulit manusia, terutama di bagian wajah. Yaitu sebagai pelembab alami wajah, membantu pemeliharaan kehalusan dan kelembutan kulit.

 
2. Kelenjar keringat dan kelenjar minyak ditemukan berdekatan di kulit manusia

 

 

 
Pada struktur kulit manusia, letak kelenjar keringat berdekatan dengan kelenjar minyak. Keduanya bekerja beriringan satu sama lain.
Kelenjar keringat akan mengeluarkan keringat, yang akan menempel di kulit, dan cepat menguap. Sehingga kulit menjadi kering.
Di sinilah tugas dari kelenjar minyak yang mengeluarkan sebum, sebagai penyeimbang dan pelembab kulit yang kering akibat keringat.

 
3. Sabun dapat melarutkan minyak

 

 

 
Penggunaan sabun akan membuat sebum tercampur dengan sabun, lalu terlarut bersama. Jika dibilas dengan air, maka sebum akan hilang. Hilangnya sebum akan membuat kulit mudah kering dan kusam.
Bagi kalian para wanita, sebaiknya mulai mengurangi penggunaan sabun wajah berlebihan. Karena wanita memiliki risiko lebih tinggi mengalami kulit kering.
Mengapa begitu? Karena wanita cenderung lebih sering menggunakan produk-produk dengan bahan yang mudah mengiritasi kulit. Kulit wanita juga lebih tipis dibandingkan pria.

SHARE

Tinggalkan Komentar