5 Tips Puasa Bagi Kamu yang Baru Memeluk Islam

312
sumber gambar: https://www.the-faith.com/

Untuk sebagian orang, berpuasa bukan lagi hal yang sulit. Terlebih bagi mereka yang sudah terbiasa dan belajar sejak dini mengenai puasa, beda cerita bagi mereka yang baru saja memeluk agama islam.

Dimana mereka harus belajar menahan makan, minum, serta hawa nafsu mulai dari terbit matahari hingga menjelang maghrib. Lalu, tips sederhana apa saja ya yang dapat dilakukan oleh para mualaf agar ramadhan tahun ini lancar? Simak yuk?

#1. Berlatih bangun pagi buta untuk sahur

Bangun sahur, jelas akan membuat umat muslim menjalani puasa dengan baik. Bagi mualaf yang baru saja menjalani ibadah puasa, kamu bisa atur alarm hendak akan tidur. Jika waktunya tiba namun rasa malas lebih besar, kamu bisa kok taruh makanan itu ke dalam kamar, supaya tidak repot-repot untuk pergi ke dapur.

#2. Tidak masalah jika berpuasa setengah hari

Untuk membiasakan puasa, kamu boleh kok berpuasa setengah hari. Dimana setiap harinya durasi berpuasa selalu ditingkatkan selama 1 jam, lambat laun kamu akan terlatih dan tubuh akan menyesuaikan tidak menerima makanan di jam – jam tertentu. Jika sudah terbiasa, kamu tidak akan mengalami gangguan tertentu karena sudah terbiasa.

#3. Jangan memaksakan diri untuk beribadah lebih

Bukan bermaksud meremehkan atau mengajak untuk tidak melakukan ibadah. Namun, kalau kondisi tubuh tidak memungkinkan lebih baik lakukan ibadah wajib saja. Kalau memang tidak kuat melakukan tarawih karena tubuh kecapaian ya jangan dipaksakan. Tubuh adalah amanah yang dititipkan oleh Allah kepada kita semua. Jadi, jangan buat tubuh semakin sakit hingga kita semua tak bisa melakukan ibadah wajib lain esok harinya.

#4. Jangan Menghindari Teman atau Keluarga Nonmuslim

Terkadang pilihan untuk menjadi Islam adalah masalah personal hingga keluarga tak mengikutinya. Yang menjadi masalah sekarang adalah bagaimana bergaul dengan mereka saat puasa. Kadang mau menolak makanan atau minuman yang disajikan sungkan. Mau menghindari mereka selama ramadan juga tidak mungkin.

Daripada kebingungan, cukup lakukan apa yang biasanya Anda lakukan. Kalau memang mereka makan, bilang sedang puasa jadi tidak bisa ikut makan. Keluarga atau teman mungkin akan menganggap apa yang Anda lakukan aneh. Namun, perlahan-lahan mereka akan paham dengan keputusan Anda dan bisa menyesuaikan diri dengan ibadah yang Anda jalani.

#5. Belajar membaca al-quran dengan baik dan benar

Masalah lain yang menimpa para mualaf adalah mereka harus belajar membaca Alquran yang menggunakan tulisan Arab. Sebulan dua bulan mungkin tidak akan membuat mereka jadi lancar. Untuk menyiasatinya, mualaf bisa membaca Alquran terjemahan untuk mengetahui arti dan cara bacanya dengan benar.

Kalau masih merasa kurang, coba baca buku belajar Alquran. Apa yang ada di dalam sana biasanya potongan-potongan ayat dari Alquran. Jadi daripada tidak membaca sama sekali lebih baik membaca sedikit-sedikit sembari mengamalkannya. Membaca Alquran apa pun versinya di bulan Ramadan akan meningkatkan kualitas ibadah yang dilakukan.

Artikel ini pernah dipublish di : https://www.boombastis.com/puasa-mualaf/72914

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here