8 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Puasa

306
sumber gambar: https://www.freepik.com/

Setiap tahunnya umat Islam di dunia melaksanakan puasa selama satu bulan, selain wajib menahan makan, minum, aktivitas intim, menahan amarah dan hal lain yang dilarang. Ada juga beberapa fakta spiritual dan sosial tentang puasa.

Bisa jadi kamu baru mengetahui hal baru di bawah ini, simak yuk!

#1. Aspek Fisik Puasa adalah Cara untuk Mencapai Pertumbuhan Rohani

Kalau marah puasanya batal, kalau bohong puasanya gak sah. Sayang kan, sudah menahan lapar dan minum sampai matahari terbenam namun aktivitas yang dilakukan oleh tangan, kaki, mulut, telinga, hingga mata melakukan perbuatan dosa yang tidak di Ridhoi oleh Allah? Dengan puasa, kita bisa menahan diri dari keinginan duniawi.

#2. Puasa mengajarkan kita untuk bersabar

Sifat sabar wajib dimiliki oleh setiap umat, begitupun dengan perintah dari Maha Kuasa. Karakteristik ini termasuk aspek dalam kehidupan, sabar sudah banyak sekali dijelaskan dalam Al-quran. Selain sabar, ada rasa syukur yang harus dimiliki juga.

#3. Puasa pun baik untuk kesehatan

Puasa dapat dilakukan oleh siapapun, karena menurut peneliti. Puasa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Seperti tekanan darah rendah, penurunan kolesterol, pengurangan kadar gula darah, detoksifikasi tubuh, dan pencegahan penyakit otak dan Alzheimer, dll. Oleh karena itu, puasa sudah menjadi tren diet di seluruh dunia.

#4. Denga berpuasa, batin akan lebih tenang

Saat kita sedang melangsungkan puasa sampai matahari terbenam, secara tidak langsung. Kita sedang fokus untuk mengatur batin agar lebih tenang. Berusaha untuk membebaskan diri dari keinginan duniawi, yang dimana kita akan mendapatkan pencapaian, serta kepuasan diri, kedamaian, kebahagiaan lahir batin.

#5. Allah melimpahkan nikmat-NYA pada orang-orang yang berpuasa

Allah akan mengabulkan permintaan orang yang berpuasa, tersirat dalam Al-quran bahwa tidurnya orang berpuasa itu berpahala, diamnya orang berpuasa adalah sebuah kemuliaan, doanya akan diijabah, hingga perbuatan baiknya akan dilipat gandakan

#6. Puasa membuat kita tahu bagaimana rasanya menjadi miskin

Menahan lapar dan haus hingga maghrib, membuat kita berpikir bagaimana rasanya mereka yang tidak seberuntung orang lain. Merasakan tidak makan, membuat kita respek dan lebih peduli kepada sesama, dengan perbuatan baik membantu sesamanya, akan membuahkan pahala yang mulia di sisi Allah.

#7. Dapat memperkuat ikatan sosial

Dengan puasa dapat meningkatkan persahabatan dan ikatan keluarga di antara anggota komunitas Muslim. Itu juga membawa kebaikan, persaudaraan, simpati, belas kasih, dan cinta.

#8. Puasa dapat menuju keselamatan

Dalam arti spiritual, puasa akan memberi kita perlindungan dari murka Allah dan menuntun pada keselamatan dari api neraka di akhirat. Nabi Muhammad (SAW) mengatakan: “Puasa adalah perisai yang melindungi dari api neraka” [9].

Artikel ini pernah di publish di : https://salamislam.com/lifestyle/8-things-you-should-know-about-fasting-sawm

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here