Apa Benar Uang Kertas Dapat Menyebarkan Virus Corona?

162
sumber gambar: http://www.ayobekasi.net/

Dilansir dari beberapa sumber, bahwa Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyatakan uang kertas berpotensi menyebarkan Covid-19. Lebih baik mencoba untuk pembayaran tanpa kontak fisik, dan selalu menghibau agar mencuci tangan setelah menyentuh uang kertas.

Virus dapat ditularkan melalui permukaan, termasuk uang kertas, terutama yang sudah disentuh oleh orang yang sudah terinfeksi. Karena virus akan bertahan selama 10 hari disetiap jenis permukaan yang dapat disentuh oleh orang lain.

Dapat ditularkan melalu tetesan pernapasan ketika orang itu batuk, bersin, atau bersentuhan dengan orang lain. Namun WHO juga menekankan bahwa, mereka tidak mengatakan uang tunai mentransmisikan virus corona.

Menurut Michael Knight, asisten profesor kedokteran di George Washington School of Medicine and Health Sciences. Bahwa Covid-19 tidak menyebar dengan cara menembus kulit di tangan, virus yang berada di tangan hanya akan mengarah infeksi ketika di transfer dari tangan ke bagian seperti mulut, hidung atau mata.

Tapi perlu diingatkan juga, walaupun melakukan pembayaran tanpa kontak fisik, namun setelah itu menyentuh ponsel, kartu kredit, atau bisa juga mesin pembayaran. Orang tersebut masih rentan terinfeksi.

Maka dari itu, WHO selalu menganjurkan untuk selalu mencuci tangan karena merupakan salah satu pencegahan dalam penyebaran Virus.

Sumber artikel : https://www.ayobandung.com/read/2020/03/26/83943/benarkah-uang-bisa-sebarkan-corona-ini-penjelasan-who dan https://tirto.id/benarkah-virus-corona-covid-19-menyebar-lewat-uang-kertas-eJgT

Tinggalkan Komentar