Apa ya Bedanya Marketplace dan E-Commerce? Begini Penjelasannya

254
Sumber gambar : https://www.techwarzone.com

Dalam dunia industry web, marketplace adalah sebuah web e-commerce, tapi gak semua web e-commerce adalah marketplace. Maksudnya? Udah gak asing ya ditelinga kita tentang aplikasi Bukalapak, Tokopedia, ataupun Lazada. Yup, betul. Itu adalah nama-nama marketplace, dimana sebuah website jadi perantara untuk penjual dan pembeli

Coba deh kamu buka salah satu web marketplace, kamu sebagai pembeli pasti banyak nemuin penjual yang menawarkan produk yang kamu inginkan, bener gak? Setiap penjual pasti mendeskripsikan produk yang mereka tawarkan. System pembayarannya juga nih gaes, Pembeli gak bayar secara langsung ke rekening penjual, melainkan ke rekening marketplace yang bersangkutan. Jadi kenapa marketplace pasti ngasih fasilitas transaksi pembayaran secara online.

Beda lagi dengan e-commerce, kalau marketplace kan menaungi banyak online shop, nah kalau e-commerce hanya menjual produk yang berasal dari website itu sendiri. Paham? Jadi kalau di e-commerce gak ada toko-toko online yang bisa kamu temui di marketplace. Jadi pas kamu mau belanja di e-commerce kamu gak bisa nanya-nanya soal produk yang akan kamu beli, kamu Cuma bisa pilih barang yang udah tersedia di website itu dan melakukan transfer dengan harga yang tercantum

Biar lebih paham, yuk disimak. Jadi gaes intinya marketplace itu dijadikan sebagai pihak ketiga dalam sebuah transaksi agar keamanan transaksi online terjamin, apa contohnya? Bukalapak, tokopedia, dan sebagainya.

Kalau e-commerce itu situs khusus untuk sebuah toko online besar yang punya gudang sendiri, bisa kok kalau kamu tertarik untuk mempromosikan produk kamu dengan kerjasama yang sudah dibuat oleh pemilik situs, apa contohnya? Berrybenka, Zalora.

Itu dia perbedaan Marketplace dan E-commerce. Jangan keliru lagi ya gaes dengan kedua istilah itu. Okay?

SHARE

Tinggalkan Komentar