Apresiasi pengelola Pasar, Pasar Rakyat Digelar Maret Ini

236
sumber gambar: https://geotimes.co.id

Pasar Rakyat diharapkan dapat Memperkuat Sinergitas Eksistensi Pasar Tradisional

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menggelar acara pengenigerahan bertajuk Pasar Rakyat Award pada Maret mendatang. Acara tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap pengelola tradisional di Indonesia.

“Ini juga sekaligus upaya kami dalam mengembangkan pasar tradisional dengan baik dalam menyediakan barang kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Tjahya Widayanti, kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (20/2).

Dia pun menjabarkan. pemberian penghargaan bertujuan menumbuhkan kemandirian pasar tradisional dalam menata dan mengelola pasar secara aktif. Selain itu, acara tersebut juga dinilai dapat meningkatkan motivasi para pelaku pasar seperti pengelola pasar tradisional.

Pihaknya berharap pemberian apresiasi lewat acara Pasar Rakyat Award dapat memperkuat sinergitas eksistensi pasar tradisional dalam meningkatkan daya saing pasar. Sehingga hal itu dapat membantu meingkatkan perekonomian daerah sekitar pasar.

Sementara itu menteri perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, hingga akhir 2018 pemerintah telah berhasil merevilisasi 4.211 pasar tradisional. Sehingga diharapkan, kata dia, dalam kurun waktu 2015 hingga 2019 sesuai target yang ditentukan, pemerintah dapat merevitalisasi pasar hingga 5.000.

Pihakya mengaku optimis target tersebut dapat tercapai. Dia menilai, program revitalisasi pasar merupakan upaya pemerintah dalam mengangkat citra pasar tradisional agar mampu berdaya saing dan bertahan dalam era persaingan bebas.

“Strategi dan implementasi dalam program revilitalisasi pasar ini harus dioptimalkan agar kinerja pasar semakin meningkat,” katanya. 

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 21 Februari 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar