Bahaya Mengisi Ulang Botol Plastik Bekas Minuman

483
sumber gambar: https://hellosehat.com

Tidak hanya kandungan kimia yang terdapat di dalamnya, sama seperti peralatan makan lainnya, botol plastik cenderung menjadi sumber bakteri. Ini terutama dikarenakan penggunaan berulang kali yang kurang memperhatikan kebersihan botol.

Anda mungkin merasa botol hanya berisi air saja dan tidak perlu dicuci karena tidak kotor, padahal hal ini ternyata dapat memicu pertumbuhan bakteri dalam botol.

Kontaminasi bakteri tersebut akan semakin parah jika botol plastik yang Anda gunakan adalah botol plastik yang berasal dari air minum dalam kemasan, di mana sebenarnya jenis botol tersebut tidak disarankan untuk dipakai berulang kali.

Semakin sering digunakan, semakin besar kemungkinan bakteri dapat berkembang biak, bahkan meningkatkan risiko menipisnya lapisan botol plastik sehingga memungkinkan rusaknya lapisan botol dan pada akhirnya memudahkan bakteri masuk ke dalam botol.

Seperti dikutip dari Huffington Post, Richard Wallace, M.D., dari University of Texas Health Center mengungkapkan bahwa leher botol tempat di mana biasanya terjadi kontak dengan mulut merupakan bagian yang banyak mengandung bakteri. Jika dibiarkan, bakteri ini dapat memberikan efek setara dengan keracunan makanan seperti mual, muntah, bahkan diare.

Jika setelah ini Anda berpikir untuk mencuci botol plastik Anda dengan air panas agar seluruh bakteri yang terdapat dalam botol plastik mati, maka itu juga bukan tindakan yang tepat.

Tergantung dari jenis botol plastik yang digunakan, biasanya mencuci botol plastik lebih disarankan menggunakan air hangat. Tetapi hal tersebut hanya berlaku untuk botol minum isi ulang, bukan botol plastik air minum dalam kemasan.

Botol plastik air minum dalam kemasan sebenarnya didesain hanya untuk sekali pakai. Penggunaan berlebihan bisa merusak fisik botol dan jika botol dipanaskan maka dapat meningkatkan kecepatan komponen dan senyawa-senyawa kimia ‘berpindah’ dari plastik ke air minum Anda. Itu juga mengapa sebaiknya Anda tidak meninggalkan botol plastik berisi air minum pada tempat atau ruangan yang bersuhu tinggi.

Source: https://hellosehat.com

SHARE

Tinggalkan Komentar