Bapatong, Makanan Khas Kota Bogor

418
sumber gambar: difanews.com

Mungkin Anda akan sedikit mengernyitkan dahi mendengar nama makanan ini. Yap, Bapatong memang nama yang cukup aneh. Namun, jangan salah, Bapatong merupakan kuliner khas Bogor, bahkan menjadi salah satu makan wajib bagi pelancong yang datang ke Bogor .

Bapatong adalah singkatan dari kata Baso Kupat (ketupat) Gentong. Penamaan khas seperti kebanyakan makanan di Sunda yangdiberi nama dengan singkatan semisal Sukro (suuk di jero), comro (oncom dijero), Gehu (toge tahu), batagor (baso tahu goreng) dan lain-lain. Baso KupatGentong ini adalah kuliner dengan kuah yang sangat menggugah selera.

Meski mengusung nama baso, sejatinya Bapatong sedikit berbeda dengan varian bakso lainnya. Yang paling terlihat berbeda terutama pada penyajiannya. Bapatong disajikan dengan kupat (ketupat) ditambah daging sebagai pelengkap kuahnya yang mantap. Teksur bakso yang lembut dan perpaduan cita rasa kuah ditambah daging adalah kuliner sempurna bila disantap dalam keadaan panas.

Apalagi di musim penghujan, Bapatong cocok dinikmati di cuaca sejuk dan dingin Kota Bogor.

Untuk harga, Bapatong ini berbeda-beda sesuai pedangang yang menjualnya. Biasanya harga Bapatong dipatok mulai Rp15.000.

Jika berminat mencobanya, Anda antara lain bisamenjumpai pedagang yang berjualan Bapatong ini di jalan Taman Kencana, Bogor.

Source: http://difanews.com

SHARE

Tinggalkan Komentar