Berlakukan Zonasi Sampah

177
Sumber gambar: http://disk.mediaindonesia.com

Luasnya wilayah Bumi Tegar Beriman diyakini oleh Bupati Bogor Ade Yasin sebagai musabab belum efektifnya pengelolaan sampah. Kini, pemkab Bogor berencana membangun empat titik pengolahan sampah sesuai mata angin, yakni di bagian barat, Timur, Selatan dan Utara Kabupaten Bogor.

Sejatinya pemkab Bogor memang memiliki dua Tempat Pembuangan Akhir (TPA), satu di Galuga kecamatan Cibinong Bulang Dan Nambo Kecamatan Klapanunggal. Tapi, dua TPA itu dianggap masih jauh dari jangkauan beberapa wilayah di kabupaten Bogor. Mobilitas angkutan sampah menjadi terbatas lantaran terkendala jarak jangjauan.

“Zonasi sampah, kalau kita punya tempat sampah di Nambo bagaimana caranya orang Jasinga ke Nambo, Karena terlalu jauh. Harus di pikirkan tempat sampah terdekat,” Ucapnya Kepada Radar Bogor usai menghadiri peringatasn Hari peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di halaman Mall Robinson, Minggu (24/2).

Di tempat yang sama, Kepala Bidang pengelolah sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor. Atis Tardiana Menjelaskan bahwa empat tempat sampah ini bukan berupa TPA, melainkan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). 

“Ini Bukan tempat pembuangan sampah, tapi tempat pengolaha sampah terpadu. Di situ semua diolah. Jadi TPST, bukan kaya Galuga.” Terangnya. 

Empat titik itu berlokasi di kecamatan ciseeng untuk Utara kecamatan Jasinga Untuk Barat. Meski sudah di tentukan, Tapi DLH kabupaten Bogor Baru Mau Melakukan Feasibility Study (FS). 

Meski nantinya lokasi yang Digunakan milik pemerintah tapi tetap Harus Dilakukan studi karena harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Bogor. ”Kita lagi bikin kajian. sebenarnya untuk TPST tidak terlalu sulit seperti TPA yang minimal 1 Kilometer Dari Permukiman Warga,” Kata Atis.

Masing-masing Titik TPST rencananya akan mengunakan lahan sekitar 5 hektare. Sedangakan anggaran untuk pembangunannya disediakan RP15 Hingga Rp 20 Miliar untuk masing- masing TPST. Artinya jika menggunakan asumsi tertinggi, Pemkab Bogor menyediakan Rp 400 miliar untuk empat titik TPST. (fik/c)

Sumber: Koran Radar Bogor, edisi 25 Februari 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar