Bidang apa saja sih yang Menggunakan Virtual Reality (VR)?

389
Sumber gambar : https://duniagames.co.id

Tahukah kamu Virtual Reality (VR) sudah banyak digunakan di berbagai bidang professi dan lain-lain, karena VR ini dapat membantu kegiatan dalam bidang-bidang tertentu. Mari kita simak, bidang apa saja yang menggunakan VR dalam membatu kegiatannya.

  1. Bidang Transportasi

Di bidang yang satu ini, VR khusus digunakan dalam dunia penerbangan. Untuk para calon pilot bahkan pilot, VR membantu mereka berlatih menerbangkan pesawat. Suasana yang seperti nyata membuat para pilot akan langsung merasakan suasana menerbangkan pesawat tanpa harus menerbangngkan pesawat sesungguhnya.

  1. Bidang Militer

VR membuat para tentara seakan sedang bermain game, para tentara dilatih untuk berperang di dunia virtual. Perlu diketahui bahwa VR menampilkan digital menjadi lebih nyata untuk dilingkungan medan pertempuran dan situasi peperangan, dengan cara ini pula akan menghemat biaya latihan perang yang menjadi lebih efisien.

  1. Bidang Otomatif

Perlu diketahui, teknologi VR bermanfaat untuk mendesain mobil. Contoh dari perusahaan yang menggunakan teknologi ini yaitu perusahaan mobil Ford . Mereka menggunakan Virtual Reality jenis Oculus Rift Headset untuk mengevaluasi bagian dalam dan luar. Ketika menggunakan Oculus Rift Headset, desainer akan menggerakan tangannya lalu kamera-kamera akan mengikuti gerakannya sehingga para desainer bisa berkoordinasi dengan perangkat lunak untuk mencocokkan presentasi digital

  1. Bidang Kedokteran dan Medis

Teknologi Virtual Reality sangat berguna dibidang kedokteran untuk melakukan sebuah simulasi sebelum melakukan operasi pada pasien atau pembelajaran medis, dengan begitu organ-organ dalam tubuh dapat terlihat lebih realitis. VR ini juga dapat mengetahui perkembangan penyakit, mendiagnosa penyakit, dan melakukan teknik perawatan yang lebih tepat.

SHARE

Tinggalkan Komentar