Bima Arya: Kebun Raya Bogor Simbol Keberagaman

1567
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan Kebun Raya Bogor menjadi simbol keberagaman yang harus dijaga dan dipelihara demi kenyamanan dan keindahan. (kotabogor.go.id)

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan Kebun Raya Bogor menjadi simbol keberagaman yang harus dijaga dan dipelihara demi kenyamanan dan keindahan.

“Kebun Raya Bogor tidak hanya sebagai ruang terbuka hijau yang harus dijaga, tetapi simbol keberagaman,” kata Bima dalam acara peringatan dua abad Kebun Raya Bogor, Kamis.

Bima mengatakan kebun raya sangat identik dengan Kota Bogor, hsl ini selaras dengan survei yang dilakukan kepada warga, menanyakan apa yang paling identik dengan Bogor, yakni Kota Hujan dan Kebun Raya Bogor.

“Kebun Raya Bogor dan Kota Bogor tidak bisa dipisahkan. Bukan hanya sebagai halaman depan dan belakang, tapi juga halaman tengah, sebagai paru-paru kota, hutan kota di tengah kota,” kata Politisi PAN tersebut.

Bima menyebutkan setiap hari Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi, hari biasa 1.000 wisatawan, Sabtu dan Minggu dikunjungi hampir 10 ribu wisatawan.

Menurut Bima, Kebun Raya Bogor juga menjadi aset sebagai pembayar pajak paling taat di Kota Bogor. Pemerintah Kota berupaya jadikan KRB dan sekitarnya menjadi indah.

“Pemkot Bogor menata sekeliling Kebun Raya menjadi sistem satu arah, selain kurangi kemacetan juga mengurangi beban sekeliling agar pedestrian tertib dan nyaman.

“Membangun pedestrian bantuan pusat selain mempercantik kota untuk mengajak warga sehat. Aman kotanya sehat warganya,” kata Bima.

Bima menyebutkan ada 15 ribu orang setiap hari yang datang ke Bogor untuk berlari di Kebun Raya Bogor yang menunjukkan ada kolerasi dengan PAD yang meningkat.

“Ini juga berdampak pada peningkatan hunian hotel yang signifikan. Dan semoga menyejahterakan warga Kota Bogor,” katanya.

Pada peringatan 200 tahun Kebun Raya Bogor, lanjutnya, menjadi momentum menjaga ruang terbuka hijau agar tetap hijau, sekaligus simbol keberagaman.

“Siapapun itu, dari manapun asalnya, ketika berada di dalam Kebun Raya Bogor merasakan nyaman. Kebun Raya Bogor simbol taman keberagaman yang sangat Indonesia,” kata Bima.

Peringatan dua abad Kebun Raya Bogor ditandai dengan penandatangan Sampul Hari Pertama (SHP) prangko seri dua abad Kebun Raya Bogor sekaligus peluncuran prangkonya, dan peresmian monumen dua abad KRB.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudi Antara, menandatangi SHP Prangko seri Dua Abad Kebun Raya Bogor yang disaksiikan Presiden kelima RI Megawati Soekarno Putri yang sekaligus meresmikan monumen dua abad KRB.

Presiden Joko Widodo yang direncanakan hadir digantikan oleh Staf Kepresidenan RI, Teten Masduki. (Antara)

SHARE

Tinggalkan Komentar