Apa itu ADHD? Gejala yang Dapat Timbul Akibat Kecanduan ‘Smartphone’

168
ADHD, bisa timbul akibat kecanduan smartphone

Coba keluar rumah, liat pemandangan di luar sana. Contoh taman kota, mall, di dalam bus atau di dalam kereta misalnya. Pasti banyak orang yang lagi duduk diam sambil menatap smartphone nya, bener gak? Bisa jadi kamu sendiri pelakunya.

Banyak keuntungan yang bakalan kamu dapetin lewat smartphone, tapi gak bisa dipungkiri juga kalau kamu akan kecanduan. Asal kamu tau ini asal muasal yang akan menimbulkan dampak negatifnya, jangan berlebihan itu gak baik gaes.

Sebuah riset yang dilakukan American Journal of Physical Medicine & Rehabilitation menyebutkan bahwa orang yang terlalu sering menggunakan smartphone beresiko mengalami kondisi tendinitis. Apa itu? gangguan peradangan atau iritasi pada tendon. Tendinitis bisa menyerang pada area bahu, pergelangan, lutut, tumit, dan siku. Gangguan ini menyebabkan nyeri pada persendian, gaes.

ADHD singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder, yaitu sebuah gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian. Kondisi ini dulunya dikenal dengan ADD atau Attention Deficit Disorder.

Misalnya waktu smartphone kamu berbunyi dan dalam jangkauan, kamu pasti akan merasa cepat lelah, tidak fokus, nggak bisa diam, terdistraksi, gampang bosan. Nah itu sudah terlihat timbulnya masalah pada diri kamu akibat gangguan smartphone.

Saran aja nih gaes, Kamu tau kan kalau smartphone itu alat? Jadi jangan sampe kamu yang dikendalikan, tapi kamu yang harus mengendalikan smartphone yang kamu punya. Bijaksanalah setiap kamu menggunakan smartphone, kalau lagi penting boleh sesekali kamu cek. Tapi kasih jarak jangkauan supaya kamu enggak keterusan main smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here