Infografis Kejadian Bencana Alam di Provinsi Jawa Barat Bulan Juli 2018

104
Sumber gambar : bpbd.kotabogor.go.id

Dikutip dari laman resmi BPBD Kota Bogor (bpbd.kotabogor.go.id)

Bulan Juli adalah bulan yang “Panas”, selain karena sudah memasuki musim kemarau. Dominasi bencana dan musibah yang terjadi dibulan ini adalah Kebakaran. Berikut adalah persentasenya, Peringkat pertama yaitu Kebakaran dengan 70%, lalu Kekeringan dengan 8%, diikuti Tanah Longsor 7%, Gelombang Pasang 7%, Angin Kencang 7%, dan Gempa Bumi 1%. Walaupun demikian dari persentase Kebakaran yang begitu besar sebagian kejadiannya adalah Kebakaran Hunian.

Pada bulan Juli ini beberapa daerah di Jawa Barat sudah mulai dilanda bencana Kekeringan yang disebabkan oleh kemarau berkepanjangan. Maka dari itu pendistribusian Air Bersih sudah mulai dilakukan oleh BPBD Kabupaten/Kota. Selain Kekeringan, Gelombang Pasang juga menerjang beberapa kawasan dipesisir Pantai Selatan Jawa Barat dan menimbulkan beberapa kerugian.

Adapun dampak dari bencana di bulan Juli adalah sebagai berikut. 3.935 Jiwa Terdampak, 1 orang Meninggal Dunia, dan 125 Rumah Terdampak, terdampak juga 125 Bangunan dengan kategori rusak sedang dari total keseluruhan bencana yang terjadi di bulan Juli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here