Kegiatan Sekolah/Madrasah Aman Bencana Program SIGAP 3 di MI Al-Muawanah dan SDN Pakuan

104
SUmber gambar : https://bpbd.kotabogor.go.id/index.php/post/detail/87/Kegiatan-SekolahMadrasah-Aman-Bencana-Program-SIGAP-3-di-MI-Al-Muawanah-dan-SDN-Pakuan

Dikutip dari laman resmi BPBD Kota Bogor (bpbd.kotabogor.go.id)

Berkaitan dengan Program SIGAP 3, BPBD Kota Bogor bersama tim Save The Children yang merupakan Organisasi non-Pemerintah Internasional melaksanakan kegiatan Sekolah/Madrasah Aman Bencana, kegiatan berlangsung di 2 lokasi, pertama bertempat di MI Al-Muawanah, Pulo Geulis RT 05/RW 04 Kel. Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor (06 – 09 Agustus 2018), dan yang kedua di SDN Pakuan, Jl. Dahlia No.1, Kel. Pakuan, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor (13 – 16 Agustus 2018).

Acara dibuka oleh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Bogor, Moch. Yaffies, Amd. S.H. yang memberikan sambutan dan pembelajaran tentang Pengetahuan Bencana, Kebencanaan di Kota Bogor, serta Penanggulangan Bencana dilingkungan sekolah.

Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah:

  • Membangun budaya siaga, budaya aman dan budaya pengurangan risiko bencana di sekolah, serta membangun ketahanan dalam menghadapi bencana oleh warga sekolah secara terencana, terpadu dan terkoordinasi dengan pemanfaatan sumber daya yang tersedia dalam rangka memberikan perlindungan kepada siswa, guru dan masyarakat sekitar sekolah dari ancaman dan dampak bencana.
  • Menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan kebencanaan ke masyarakat luas melalui jalur pendidikan sekolah.
  • Memberikan rekomendasi kepada pihak terkait tentang kondisi struktur bangunan sekolah.
  • Mengembangkan program sekolah/madrasah aman dari bencana.

Menanamkan pengetahuan tentang Kebencanaan, kita mulai dari anak anak Usia Dini, biar mereka kelak tumbuh jadi pribadi-pribadi yg Tangguh, Siaga, & Sadar akan Ancaman Bencana.

#SiapUntukSelamat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here