Bom Mobil Meledak di Dekat Istana Presiden Ibu Kota Somalia

1358
Bangkai Mobil Pelaku Bom (google images)

Sebuah bom mobil meledak di sebuah pos pemeriksaan yang berjarak kurang dari satu kilometer dari istana kepresidenenan di ibu kota Somalia, Mogadishu pada Selasa, menurut keterangan dari polisi setempat.

“Sebuah bom mobil bunuh diri menabrak pos pemeriksaan dekat gedung teater nasional. Masih terlalu dini untuk mengetahui rincian kejadian dan jumlah korban, “kata Ahmed Hussein, seorang perwira polisi.

Lokasi gedung teater itu terletak sekitar 300 meter dari istana kepresidenan yang dikenal dengan nama Villa Somalia, yang juga menjadi kantor dari instansi pemerintah lainnya.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab dalam peristiwa ledakan itu. Sebelumnya, al Shabaab yang terkait dengan kelompok al-Qaeda telah mengklaim bertanggung jawab atas serangkaian ledakan dan serangan bersenjata yang pernah terjadi di ibu kota negara itu.

Kelompok Al Shabaab telah berhasil melakukan beberapa aksi bom mematikan di wilayah itu sekalioun kehilangan sebagian besar wilayahnya.

Tujuan kelompok pemberontak itu adalah untuk mengusir pasukan penjaga perdamaian dan menggulingkan pemerintah yang didukung oleh negara-negara barat, serta ingin menciptakan pemerintahan berdasarkan pemahaman yang keras terhadap hukum syariah di negara yang terletak di tanduk Afrika itu.

Pemimpin baru Somalia, Mohamed Abdullahi Mohamed berjanji kepada kelompok pemberontak al Shabaab, bahwa ia akan memberikan “kehidupan yang baik” kepada mereka, jika kelompok itu mau menyerah. (Antara/reuters)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here