Cara Mengantisipasi Listrik Pada Saat Banjir

312
sumber gambar: imgix.net

Sejak selasa (31/12/19), beberapa wilayah Indonesia mengalami banjir akibat hujan deras. Air yang masuk ke dalam rumah mengakibatkan barang-barang terendam, begitupun dengan peralatan listrik.

Keadaan peralatan listrik yang terendam dapat mengakibatkan tersengatnya seseorang hingga menyebabkan kematian, mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB) di kWH meter merupakan tindakan pertama yang harus dilakukan.

#1. Menghimbau untuk mencabut seluruh peralatan listrik yang masih menancap dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman.

sumber gambar: https://www.idwebpulsa.com/

Dilansir dari liputan6.com, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Assad. Jangan pernah masuk atau melangkah ke area ruangan yang terendam yang terdapat stop-kontak, alat-alat listrik atau kabel listrik yang terendam.

#2. Hindari menyalakan peralatan listrik atau elektrinik atau menyentuh kabel listrik hingga sakelar jika tangan basah.

sumber gambar: https://hellosehat.com/

Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan instalasi listrik dalam keadaan kering.

“Kami juga menghimbau apabila datang hujan, jangan berteduh di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang listrik, gardu listrik, maupun tiang lampu penerangan jalan untuk menghindari bahaya tersengat arus listrik,” ungkap Ikhsan.

#3. Gunakan alat pengaman diri seperti sepatu boots kedap air, menghindari resiko terkena pecahan kaca, paku, bakteri, maupin arus listrik bocor.

sumber gambar: https://img.okeinfo.net/

Usahakan jangan sampai basah apalagi menerjang banjir, karena permukaan air dapat menjadi konduktor listrik. Menjauhlah dari tiang ataupun kabel yang roboh dan jatuh ke tanah.

Jika sudah terjebak diantara reruntuhan jaringan transmisi listrik ini, menjauhlah dengan kedua kaki tetap menginjak tanah untuk menghindari sengatan listrik.

SHARE

Tinggalkan Komentar