Cara Menghindari Penipuan Saat Berbelanja Online, Yuk di Simak!

576
Sumber gambar : https://journal.sociolla.com/lifestyle/tips-belanja-online-agar-tak-boros/

Bentar-bentak klik, berbagai kemudahan proses belanja online bikin kamu lebih mudah mencari berbagai kebutuhan setiap hari-hari. Tapi gaes jangan lupa, kesempatan ini gak cuma dimanfaatin sama pelaku usaha aja, tapi pelaku online berkedok penipuan juga udah berkembang.

Gak tanggung-tanggung kalau angka kerugian yang dialami korban pun terbilang cukup besar. Kamu pasti gak mau mengalami hal ini, lalu gimana caranya agar terhindar dari penipuan toko online? Berikut tipsnya gaes.

  1. Periksa Identitas si penjual

Gaes, sebelum kamu melakukan transaksi. Coba periksa dulu identitas lengkap dan jelas si penjual. Mulai dari nama toko online, alamat penjual, alamat email penjual, dan nomor telefon.

2. Periksa deskripsi produk

Fungsi deskripsi produk sendiri itu memberikan kepastian buat pelanggan baru bahwa mereka sedang membeli produk di di orang atau perusahaan yang terpercaya. Dan pastikan juga kamu mendapatkan opini yang cukup jelas sebelum kamu memutuskan untuk membeli.

3. Jangan terlalu memberi banyak informasi

Biasanya gaes kalau kamu udah melakukan pemilih produk yang kamu inginkan dan melakukan transaksi, pasti si penjual menanyakan data atau persyaratan yang harus diberikan. Tapi kalau si penjual udah minta nomor keamamanan akun kamu, disitu kamu patus mencurigai.

4. Situs terpercaya

Gaes, jangan dulu percaya sama situs yang gak punya tanda gembok di depan alamat situs. terutama dalam tahap pembayaran.

5. Periksa pelayanan elektronik

Biasanya dalam belanja online sering banget ya kamu dimintai persetujuan terhadap penyataan elektronik terhadap kartu kredit, kartu debit, dan memeriksa akun kamu secara reguler. Hal ini penting untuk mengendalikan biaya penipuan sehingga jika terjadi penipuan, pemilik situs bisa langsung menghubungi bank atau penerbit kartu kamu, gaes.

6. Minta nomor resi pengiriman

Kamu perlu tahu nih, meskipun si penjual kirim nomor resi, kamu jangan dulu tenang. Karena biasanya si penjual penipu itu bisa aja membatalkan pengirimin besoknya. Nah, jadi kamu harus periksa secara berkala nomor resi tersebut di website jasa ekspedisi yang digunakan.

7. Waspadai penipuan via kartu kredit

Kalau kamu bertransaksi melalui kartu kredit, kamu harus jaga keamanan kartu kredit kamu sebaik mungkin. Kamu juga harus waspada pesan yang masuk email kamu, dan yang terpenting adalah kamu selalu rahasiakan info-info pribadi tentang kartu kredit kamu. Dan jangan sembarang memasuki info-info pribadi di website-website demi keamanan.  okay?

SHARE

Tinggalkan Komentar