Cegah Kerusakan, Modernisasi Pengelolaan

187
sumber gambar: https://i.ytimg.com

Direktorat pencegahan dan pengamanan hutan Direktorat Jenderal (Ditjen) Gakkum LHK terus melakukan upaya masif dalam penegakan hukum, serta menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Terutama sumber daya hutan di sepanjang daerah aliran sungai.

Melalui kampanye dan aksi bersama komunitas 2 Pegiat Lingkungan di Taman Heulang kota Bogor, Dirjen Gakkum LHK, Dadang Suganda menekankan perlunya kolaborasi secara berkesinambungan antara stakeholder, masyarakat serta pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun daerah untuk terus melakukan perbaikan lingkungan dan penegakan hukum lingkungan.

“Masyarakat pun agar tidak perlu khawatir dalam melakukan pengaduan masalah kerusakan lingkungan atau kegiatan ilegal yang menyebabkan kerusakan lingkungan,” katanya.

Dirjen Gakkum juga berpesan agar masyarakat ikut berperan aktif mengontrol terjadinya perusakan lingkungan di wilayahnya. “Partisipasi masyarakat dalam mencegah kerusakan lingkungan sangat diperlukan,” imbuhnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut kepala Dinas LH kota Bogor, Elia buntang. Berbeda dengan Dirjen Gakkum, Elia lebih menekan kepada perubahan paradigma atas penanganan sampah konvensional. Dia meminta masyarakat berpikir modern dalam pengelolaan sampah.

Sehingga tidak lagi mengandalkan sarana dan prasarana. “Karena lingkungan harus menjadi tanggung jawab setiap diri dan dapat diselesaikan dari tingkat komunal jika kesadaran itu tumbuh,” katanya.

Hadir pula para aktivis dan pengiat lingkungan dan para pecinta satwa yang ikut terus melakukan aksi membaur dengan masyarakat untuk memiliki kesadaran lingkungan khususnya di kota Bogor.(rp3/pkl/c)

Sumber: Koran Radar Bogor, edisi 25 Februari 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar