Dapat Kritikan yang Tak Membangun? Kamu Wajib Ingat ini

403
sumber gamabr : http://3.bp.blogspot.com

Kritik dibutuhkan tidak hanya di ruang lingkup sekolah saja ya, tapi lain banyak hal. Siapapun itu, kapanpun dan dimanapun. Mau itu Komunitas, dunia kerja, perorangan dan masih banyak lagi.

Kritik bisa kamu jadikan sebagai solusi atas kesuksesan pekerjaan yang sedang kamu kerjakan, awalnya memang enggan untuk menerima kritikan dari orang lain. Namun lambat laun kamu pasti akan membutuhkannya dan terbiasa dengan itu semua.

Ditambah lagi dengan kamu yang mempunyai karaktek yang sangat sensitif, pada suatu hari kamu harus dihadang dengan saran dan kritik yang negatif, bikin sedih, kepikiran terus, bahkan bikin emosinal kamu gak karuan.

Tapi tunggu dulu, sebelum kamu mengeluarkan asap dari telinga kamu karena tidak bisa menerima kritikan yang tidak membangun, sebaiknya kamu lakukan beberapa hal berikut ini 

Bicarakan baik-baik

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com

Dalam dunia kerja atau apapun itu jika kamu menerima kritikan negatif atau pedas yang membuat kamu tersinggung, kamu harus melihat situasi sebelum kamu mengeluarkan perkataan atau sikap yang seharusnya tidak kamu lakukan. Bicarakanlah baik-baik terlebih, cari tahu apa maksud mereka berkata seperti itu. Okay gaes.

Hindari Masalah Pribadi

sumber gambar : http://www.teropongbisnis.com

Setiap orang mempunyai karakter yang berbeda, cara mereka berbicara, cara mereka menghargai orang lain, bahkan cara mereka memberi saran dan kritik. Ada yang tajam dengan ucapannya, ada yang buat kamu canggung, sampai ada yang bikin ‘ngajak ribut’ didetik itu juga. Tapi gaes, kritikan memang sangat dibutuhkan, untuk itu bila yang memberi kritikan adalah orang yang gak kamu sukai dunia kerja atau ditempat lainnya, lebih baik kamu terima saja. Jangan sampai kamu tolak mentah begitu saja, siapa tahu kritiknya membangun. Keren gak tuh?

Ubah Pola Pikir

sumber gambar : https://cdns.klimg.com

Tergantung dalam diri kamu, cara kamu menerima kritikan itu sendiri. Apakah setelah kamu menerimanya kamu malah terpuruk, atau malah membuat kamu termotivasi? Ayo lah, kamu harus ubah pola pikir kekanakan mu dengan kritik yang memang terkadang sangat menusuk dalam hati. Jadikan itu sebagai acuan dan tujuanmu, agar apa yang kamu inginkan tergapai. Semangat gaes.

Ubah Cara Pandang

sumber gambar : http://student.blog.dinus.ac.id

Kamu sendiri termasuk orang yang mempunyai karakter mudah tersinggung tidak? Jika ya, biasanya apa yang kamu lakukan dengan kritikan pedas? Bersikap tidak peduli, mengabaikan, atau pergi begitu saja karena menghindari perdebatan? gaes, sebaiknya jangan seperti itu. Bagaimanapun kritikan itu harus tetap kamu terima, jangan mau terima tapi tidak ada perubahan dalam dirimu, sia-sia kan? Siapa tau dibalik kritikan pedas adas sesuatu hal yang sedang menunggu mu. Kesuksesan misalnya.

Kendalikan Emosi

sumber gamabar: https://hafidhasanudin.files.wordpress.com

Disaat kamu mencoba untuk memberi atau menerima saran dan kritikan, adanya baiknya kamu kontrol emosi kamu terlebih dahulu. Memang, pada saat kita memberi kritikan yang bisa dibilang pedas atau negatif, orang yang menerimanya akan mengalami perubahan dari segi ekspresi atau raut wajah. Keringat sebesar jagung, jantung berdebar, bahkan pucat. Sangat terlihat biasa saja, tapi apa kamu mengetahui isi pikirannya yang akan mempengaruhi otaknya? Disaat kamu dikuasai suasana negatif, alangkah baiknya kamu diam.

Semua orang memang berhak untuk mengeluarkan pendapatnya, termasuk saran dan kritikan negatif yang memang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu kamu wajib bisa mengendalikan emosi. Okay?


SHARE

Tinggalkan Komentar