Dari Kalkulator sampai Laptop, Ini Evolusi Si Kecil Mikroprosesor

1031
Sumber Gambar : pxhere.com

Buat anak jaman now, tau gak apa itu Mikroprosesor? Nah Mikroprosesor itu merupakan komponen yang udah berjadsa buat gadget-gadget yang kita pakai dari dulu hingga sekarang. Mikroprosesor adalah komponen sirkuit terpadu (Integrated Circuit) yang jadi otak tama untuk pengolahan utama dalam sebuah system komputer.

Dari awalnya Cuma sebuah kalkutaor, sekarang jamannya udah serba teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang kita akan kupas, bagaimana sih perjalanan si kecil ini dan apa saja yang udah dia hasilkan?

  1. Tahun 1971, mikroprosesor muncul pertama kali dalam kalkulator Busicom

Pernah liat kasir menggunakan kalkutator yang ngeluarin kertas? Atau siapa tau kalian sendiri yang pernah pakai kalkulator ini. Nah, kalkulator ini mirip dengan kalkulator tersebut. Kalkulator Unicom 141P adalah perangkat pertama yang diotaki mikroprosesor, dari sinilah awal perjalanan komputerisasi dunia.

2.      Mikroprosesor muncul lagi dalam bentuk Commodore PET setelah Enam tahun kemudiam
Ini dia komputer personal yang ada di rumah-rumah sejak komputer ini diadakan pada tahun 1977. Komputer ini disebut PET (Personal Elektronik Transactor)
3.      Tahun 1978, Otak Mikroprosesor digunakan Untuk Membuat Mesin Cuci
Mesin cuci ini dibekali microchip. Dan punya Label mesin cuci, namanya “new technology“.
4.      Tahun 1980, muncul Arcade Mania dengan games Pac-Man
Biasanya permainan ini sering dikenal sebagai ding dong. Pasti udah familiar di telinga kalian? Arcade Mania pertama kali dikenalin sama Namco dengan games legendaris Pac-Man. Amerika Serikat, Negara yang pertama kali dikenalkan. Lalu pelan-pelan permainan ini mengerbar sampe ke pelosok penjuru dunia.
5.      Baru pada 1981, muncul Osborne 1 Laptop yang disebut-sebut sebagai nenek moyang laptop
Laptop juga punya nenek moyang loh gaes, laptop ini sama kayak dijaman sekarang, bisa dibawa kemana-mana. Laptop ini bentuknya mirip koper kalau pas dilipet. Layarnya juga kecil sekitar lima inchi ditambah beratnya 10,7 Kilogram. Lumayan yaa
6.      Industri games bergairah dengan kehadiran konsol di tahun 1986
Dibanding sama Arcade Mania yang ukurannya gede, konsol ini lebih praktis karena bisa digunakan personal di rumah. Nintendo Entertaiment System yang bikin dunia bergairah dengan konsol Nintendo ES.
7.      Baru deh Tahun 1991, komputer baru mewabah ke seluruh dunia
Komputer ini seperti komputer yang sering kalian liat, yang masih berupa monitor tabung ditambah CPU. Komputer di masa ini mulai merambat baik buat keperluan bisnis atau personal, Nah lama kelamaan, baru deh muncul komputer dalam bentuk desktop atau laptop.
8.      MP3 Player muncul pertama kali di tahun 1997 setelah sebelumnya menikmati lagu harus dengan pita kaset.
Generasi 90-an pasti kenal benda yang satu ini, awalnya pake via Walkman, via discman, dan terciptalak Mp3 Player. Yang kalau dengerin music, musiknya akan berubah pelan-pelan.
9.      Tahun 1999 sudah ada Blackberry Lho

Ketika membicarakan smartphone, evolusi dimulai dari Blackberry ini. Pada tahun 1999, RIM memperkenalkan Blackberry 850 ke market dunia.

  1. Tahun 2001, Apple Ipad

Makin canggih nih, setelah format mp3 yang kita kenal, Apple si apel digigit ini mengeluarkan yang namanya Apple Ipod untuk kalian yang suka dengerin music.

  1. Tahun 2002, Lahirnya tablet

Tablet keluaran Microsoft Windows yang sempat jadi perbincanga satu decade. Tablet ini sekarang dinikmati sama kalangan professional bisnis.

  1. Tahun 2008, Netbook jadi incaran

Netbook ini bisa dibilang gak punya kapasitas dan memori yang mungkin gak sama dengan laptop tapi jangan salah nebook ini masih jadi incaran. Soal harganya yang terjangkau, ringan, dan ukurannya yang kecil.

  1. Apple ikut meluncurkan tablet bernama Apple Ipad

Gak mau kalah dong sama Microsoft, Apple juga ikut melahirkan sebuah gadget yang mainstream tapi bergengsi di mata dunia.

  1. Tahun 2011, Muncul Digital Signage

Kalau kalian suka hangout ke mall-mall atau pinggir jalan pusat kota, pasti nemuin digital yang satu ini. Digital Signage yang merupakan media penyimpanan pesan. Informasi, iklan/promosi yang terarah ke khalayak yang tersegmentasi secara tepat dan dalam waktu singkat.

  1. Masih di Tahun 2011, Ultrabook sekaligus Komputerisasi

Waktu Ultrabook ini muncu, sempet bikin heboh. Karena Ultrabook bisa menggabungkan perangkat mobile sekaligus komputerisasi, desainnya yang tipis, ketebalannya hanya 3 mm, dan beratnya 1,12-1.36 kg.

  1. Tahun 2015, lahirlah Virtual Reality keluaran Samsung

Bagi penyuka games, akan jadi hal yang pastinya seru. VR akan membawa kalian ke dunia games yang seolah-olah nyata, VR ini menggunakan semacam kacamata berlayar digital.

Wah, ternyata panjang juga ya perjalan si Mikroprosesor ini. Nah kalian jadi tau kan betapa berjasanya si kecil ini. Silakan untuk berterimakasih pada si Kecil canggih ini.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here