Disdik Optimis UNBK Lancar

303
Sumber gambar: https://smkwiraharapan.sch.id

Pelaksanaan Ujian Negara Berbasis Komputer (UNBK) Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Bogor, yang akan dimulai 25 -28 Maret mendatang dari sebelumnya dijadwalkan April berjalan lancar.

“Pelaksanaan UNBK tingkat SMA/SMK/MA tinggal menghitung hari, semua persiapan sudah kita matangkan, termasuk kordinasi dengan PT. PLN, untuk menjamin tidak ada pemadaman listrik, ketika ujian berlangsung,” kata Kepala Dinas Pendidikan, TB. Luthfie Syam, kepada Jurnal Bogor, Rabu (27/2).

Luthfie mengatakan, kendati UNBK tingkat Sekolah Lanjut Menengah Atas (SLTA) pelaksananya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, sejak kewenangan pengelolaan SMA/SMK diambil alih provinsi tahun 2017 lalu, namun daerah tetap berkewajiban membantu semua persiapan.

“Dari sisi kewenangan memeng ada di tangan provinsi, tapi bukan berarti daerah lepas tangan, kita berkewajiban membantu semua proses persiapan, agar pelaksanaan UNBK sukses, tanpa ada kendala apapun,” ujarnya. 

Selain dengan PLN, kata Lutfie, kordinasi pun dilakukan dengan jajaran PT. Telkom, karena perusahaan milik negara itu sebagai penyedia jaringan internet. Bahkan Telkom kata mantak kepala Satuan Polisi Paming Praja (Satpol PP) itu sudah membentuk tim khusus yang diberi nama tim help desk. 

“Tim ini akan diterjunkan beberapa hari sebelum UNBK digelar, untuk memastikan jaringan internet tidak ada masalah. Tim akan bertugas sampai pelaksanaan UNBK tingkat SLTA selesai dan bertugas kembali saat UNBK tingkat SMP/MTS,” katanya.

Lutfie mengungkapkan, UNBK tingkat SMP/MTS yang menjadi tanggung jawab Disdik dan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bogor akan berlangsung 22-25 April atau selang sebulan dengan pelaksanaan UN SLTA.

“Tahun ini pelaksanaan UNBK akan diikuti sebanyak 1.009 SMP dan MTs serta 122 lembaga PKBM. Untuk perangkat penunjang, kami memastikan sudah siap digunakan dan sudah diujicobakan pada saat try out awal Februari lalu,” tutupnya. (Noverando H)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 28 Februari 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar