Duta GenRe Lahirkan Keluarga Berkualitas

171
sumber gambar: https://kotabogor.go.id

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bogor menggelar Lomba Pemilihan Duta Generasi Berencana (Duta GenRe) tingkat Kota Bogor tahun 2019. Kegiatan secara resmi dibuka Kepala DPPKB Kota Bogor Lilis Sukartini di aula DPPKB jalan Kesehatan Bogor, Kamis (11/04/2019). Dilansir dari laman resmi kotabogor.go.id.

Kepala DPPKB Kota Bogor, Lilis Sukartini mengatakan, Duta GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa. Duta GenRe mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan NAPZA. Dengan adanya Duta GenRe diharapkan mereka menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Pelaksanaan program GenRe dilaksanakan melalui Pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PlK) Remaja. Melalui pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sesuai dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya dengan teman sebayanya.

Dalam rangka sosialisasi dan promosi program GenRe khususnya pengembangan PIK Remaja, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja. Figur motivator inilah yang akan menjadi wakil atau Duta GenRe yang akan memberi nilai lebih dalam sosialisasi dan promosi program GenRe.

Lilis berharap dengan dilaksanakannya program GenRe dapat menurunkan angka kelahiran dan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta keluarga berkualitas di Kota Bogor.

Sementara itu Ketua Panitia Lomba Pemilihan Duta GenRe Kota Bogor, Euis Rochayati menjelaskan, kegiatan diikuti sebanyak 20 peserta. Mereka adalah perwakilan dari masyarakat dan unsur pendidikan.

Maksud dan tujuan dari lomba ini menurut Euis adalah untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program KKBPK melalui program GenRe di kalangan remaja. Dengan lomba ini remaja akan memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, spiritual dan sosial. Selain itu juga untuk mengembangkan citra positif program GenRe melalui figur duta GenRe.

Dia menyebutkan, penilaian lomba dilakukan oleh tiga dewan juri. Dua orang dari Pokjayan Kota Bogor dan satu lagi oleh duta GenRe Kota Bogor tahun 2018. Setiap peserta akan diuji dalam hal ekspos tentang GenRe, pembuatan video profil berupa visi misi dan interview publik speaking. (Humpro :Tria-SZ)

SHARE

Tinggalkan Komentar