Fakta Unik Tentang Bogor, Nomor 5 Paling Greget

575
sumber gambar: http://kanaljabar.com

Bogor dikenal sebagai kota kecil yang mempunyai banyak sekali tempat wisata, apalagi ketika akhir pekan atau long weekend. Kepadatan para pengunjung dari luar kota Bogor bahkan orang Bogornya sendiri akan membludak untuk menikmati hari libur.

Untuk itu, kamu harus tau nih fakta apa aja sih tentang Kota Hujan yang satu ini?

#1. Sejarah dibalik HUT Kota Bogor

sumber gambar: http://haipb.ipb.ac.id

Coba tebak ini dimana? ini masih di Bogor tentunya. Jangan ngira ini di luar negeri ya teman. Jadi ini masih di Bogor pada saat festival payung yang selalu di gelar saat ulang tahun Kota ini. Dan harus kamu ketahui kalau 
kota Bogor sama dengan hari penobatan Prabu Siliwangi, yakni pada 3 Juni 1481.

#2. Kota Sejuta Angkot

sumber gambar: https://2.bp.blogspot.com

Bisa jadi julukan ini sudah sering kamu dengar ya, ya memang benar walaupun luas wlayahnya tidak seluas Kota Jakarta, namun Kota Bogor ini memilki begitu banyak angkot sampai ada julukannya. Kira-kira lebih banyak angkotnya atau kendaraan pribadinya ya?

#3. Sejarah Indonesia berada di Istana Bogor

sumber gambar: http://destinasian.co.id

Konon banyak tamu negara yang menginap disini,  Presiden RI pertama, Soekarno, lebih suka bekerja di Istana Bogor dibanding Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Jejaknya diikuti Presiden Joko Widodo yang lebih suka bekerja dan menginap di sini. 

Menurut dia, Istana Bogor lebih kondusif untuk bekerja karena udaranya lebih sejuk, suasananya lebih asri dan hijau, serta lebih tenang.

#4. Dikenal sebagai Kota Hujan, hhmm..

sumber gambar: http://yusufmansur.com

Kalau dulu memang iya, kota Bogor sangat sejuk, rindang karena Hujan yang sering mengguyur. Tapi kalau sekarang? apa masih sesejuk dulu? bisa jadi tidak ya, karena panasnya gak beda jauh sama Jakarta.

#5. “Kota Sejuta Angkot”, “Kota Hujan”, ditambah sebagai “Kota Petir”

sumber gambar: https://img.beritasatu.com

Julukannya gak cuma satu ternyata, kenapa dijuluki kota petir juga ya? Ternyata Bogor pernah memecahkan rekor sebagai kota dengan petir terbanyak. Misalnya pada 2009, sekitar 322 petir dalam sehari. Padahal, normalnya hanya 80 kali. Kebayang kilatannya yang gak berhenti seperti apa.

#6. Kebun Raya Bogor menjadi yang tertua di Asia.

sumber gambar: https://media.travelingyuk.com

Kalau yang tempat yang satu ini, pasti semua warga Kota Bogor sudah pernah merasakan piknik disana ya. Dibangun ada tahun 1817, luasnya bikin kamu berkeringat karena perjalannya, tapi tenang kamu akan disuguhi beribu jenis pohon dan buah-buahan didalamnya.

#7. Weekend? Kota ini Bakalan Padat

sumber gambar: http://kabarindoraya.com

Nah, kalau udah masuk sabtu-minggu apalagi long weekend. Kota Bogor sudah dipadati dengan mobil-mobil yang dari Jakarta. Sebaliknya, orang Bogor sendiri memilih untuk berdiam diri rumah, atau bisa jadi kebalikannya. Mereka yang dari Bogor malah pergi ke Jakarta. Begitulah seterusnya.

#8. Surganya Wisata Kuliner 

sumber gambar: https://blog.traveloka.com

Kalau untuk yang satu ini jangan sampai lupa, gak akan sih ya. Kamu bisa memilih begitu banyak aneka wisata kuliner yang bisa kamu cicipi bahkan jadikan sebagi oleh-oleh untuk orang rumah, kerabat, bahkan teman. 

Untuk Ikon nya sendiri kamu bisa pilih, talas bogor, roti unyil, asinan, dan masih banyak lagi.

SHARE

Tinggalkan Komentar