Generasi Millenial Harus Tau Manfaat Fintech Berikut ini

227
sumber gambar : https://i0.wp.com/helloinez.com

Hidup di era digital seperti sekarang, tentunya menuntut kita untuk selalu update dengan perkembangan teknologi. Bukan karena takut dibilang ketinggalan zaman, tapi ini demi kebaikan kita sendiri kok. Sebab, teknologi menawarkan banyak kemudahan dalam menjalani aktivitas kita sehari-hari.

Hal yang sama juga berlaku untuk keperluan finansial loh. Kalau kamu melek digital, pasti sadar deh kalau sekarang semakin banyak startup Indonesia yang fokus bergerak di bidang keuangan. Nah, startup model begini disebutnya fintech.

Fungsinya bisa berbeda-beda, tapi tujuannya sama: membantu dan mempermudah kamu dalam mengurus hal-hal yang berkaitan dengan finansial sehingga makin efektif dan efisien.

Supaya pengelolaan keuangan kamu makin moncer, penting banget untuk mengetahui benefit yang bisa kamu peroleh dari tren fintech ini di Indonesia. Sayang kan fasilitas yang begitu bermanfaat harus terlewatkan lantaran kamu gak update sama perkembangan zaman?

1. Konsultan keuangan pribadi gratis

Dengan adanya fintech, konsultasi keuangan kini bisa kamu dapatkan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Ya, kalau ada biayanya pun paling modal biaya install aplikasi seharga Rp 5.000-an lah.

Jadi sekarang kamu cuma perlu punya handphone atau laptop untuk bisa mengelola keuanganmu dengan lebih terencana. Banyak deretan fintech Indonesia yang menyediakan layanan personal finance ini, mulai dari yang berbasis aplikasi mobile, seperti Jojonomic dan DompetSehat, sampai yang berbasis web seperti Finansialku.

2. Alternatif pinjaman semakin banyak

Berkat fintech juga, kini nyari pinjaman pun gak harus capek-capek ke bank atau lembaga keuangan. Cuma perlu buka laptop, klik klik klik, beres! Proses pencairannya pun cepat.

Penyedia jasa pinjaman online ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Mau nyari dana sampai Rp 10 juta dengan tenor hingga 12 bulan? Bisa coba Tunaiku.

3. Semakin mudah memilih dan mengajukan produk keuangan

Produk keuangan itu jumlahnya banyak banget. Contohnya aja kartu kredit. Ada berapa sih kartu kredit yang dikeluarin sama bank-bank di Indonesia? Ratusan!

Kebayang gak gimana pusingnya milih produk terbaik dari tumpukan produk yang ada di pasaran? Apalagi, masing-masing produk mengklaim diri sebagai yang terbaik. Ya iyalah. Mana ada penjual yang bilang barang dagangannya jelek?

4. Transaksi pembayaran jadi makin ringkas dan cepat

Dengan adanya kartu kredit, kartu debit, e-money, dan e-wallet, menggunakan uang tunai untuk pembayaran jadi makin terasa merepotkan dan ketinggalan zaman. Ini kian dipertegas dengan kehadiran fasilitas pembayaran cashless melalui pemindaian kode QR atau Quick Response.

5. Keputusan investasi jadi lebih mudah

Buat yang baru saja mulai berinvestasi, gak perlu bingung minta bantuan penasihat investasi atau ribet update berita di berbagai media. Ada juga Fintech yang bisa membantumu untuk mengambil keputusan investasi yang tepat tanpa harus jadi expert di pasar modal.

Cukup langganan Bareksa atau Stockbit, maka kamu pun bisa mendapatkan informasi akurat dan komprehensif layaknya broker dan trader berpengalaman.

6. Bisa beramal kapan pun di mana pun

Sekarang, dengan adanya fintech, gak perlu lagi bingung mau ke mana mendonasikan uangmu. Sebab sudah banyak situs pengumpulan donasi untuk isu sosial, seperti Kitabisa, Dompet Dhuafa, AyoAmal, IndoKasih, IndoRelawan, dan masih banyak lagi.

Jika kamu lebih tertarik mendonasikan uangmu untuk sektor lain, jangan khawatir juga. Ada kok fintech lain yang menyediakan fasilitas crowdfunding dengan tujuan yang berbeda-beda.

Source: https://www.moneysmart.id

SHARE

Tinggalkan Komentar