Hajatan! Warga Wajib Lapor Puskesmas

414
sumber gambar : https://elshinta.com

Buntut Keracunan Massal di Kampung Dekeng

Kasus keracunan nasi kotak hajatan yang menyebabkan 44 warga Kampung Dekeng RT 01/RW 09, Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, Rabu (23/1), membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) dibawah kendali Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dan Surveilans (P2P) melakukan investigasi, Kamis (24/1).

“Dari hasil inverstigasi awal diperoleh informasi terkait mulanya warga menyantap nasi boks usai menghadiir acara tasyakuran, kemudian mereka merasakan gelaja pusing, mual-mual disertai diare,” kata Kepala Dinkes, Rubaeah kepada wartawan.

Saay ini, sambung dia, korban keracunan sudah berlangsung pulih  dan telah kembali ke rumah masing-maisng setelah sebelumnya sempat mencadapatkan pertolongan dari RS UMMI. “Untuk pemeriksaan lebih lanjut Dinas Kesehatan Kota Bogor juga telah mengambil sample makanan sebagai bahan pemeriksaan laboratoriun yang hasilnya akan keluar dalam beberapa hari kedepan,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, Dinkes akan menerbitkan surat edara agar masyarakat yang menggelar hajat agar melapor ke Puskesmas terdekat, agar pengelolaan makananya dapat terpantau. “Jadi mereka yang hajat, baik itu masak sendiri atau melalui cathering wajib melaor, agar peristiwa serupa tak terulag,” tuturnya.

Sebelumnya, salah seorang korban, Sinta (22) mengaku mual-mual usai menyantap nasi boks tersebut, “Ya, di nasi boks itu ada rendang, kentang, dan mie. HHabis makan itu mual-mual, kemudian BAB disertai pusing,” ungkapnya kepada wartawan di RS Ummi.

Kapolsek Bogor Selatan, Kompol Rianto menyatakan bahwa pihaknya masih melakukan pendalaman terhadap kasus tersebut, dan mengamankan beberapa sampel makanan. “Barang bukti yang diamankan adalah nasi boks yang disantap oleh warga, bumbu-bumbu,” ucapnya.

Ia menyatakan, polisi juga telah memeriksa beberapa saksi terkait perkara tersebut. “Total 10 orang saksi yang sudah diperiksa,” ungkapnya. (Fredy Kristianto)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 25 Januari 2019

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here